Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Mencerahkan Ruang Kerja di Rumah dengan Pencahayaan Alami

Kompas.com - 22/12/2021, 09:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Real Homes


KOMPAS.com – Menciptakan ruang kerja yang nyaman di rumah adalah hal yang penting untuk dilakukan, salah satunya adalah dengan mencerahkan ruangan lewat pencahayaan alami.

Pencahayaan alami memiliki banyak manfaat, seperti menciptakan suasana yang lebih ramah dan menyenangkan.

Selain itu, pencahayaan alami juga berdampak baik untuk kesehatan tubuh, meningkatkan suasana hati hingga memberikan lebih banyak energi yang membantu pikiran menjadi lebih fokus.

Melansir Real Homes, Selasa (21/12/2021), berikut cara mencerahkan ruang kerja di rumah dengan pencahayaan alami.

Lokasi ruang kerja

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan ruang kerja yang tepat di rumah.

Ruang kerja di rumah tidak harus selalu berukuran besar, tetapi harus dipastikan terasa nyaman dan sesuai kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Anda juga bisa memanfaatkan loteng rumah dengan syarat jika layak digunakan atau tidak memiliki kamar kosong untuk diubah menjadi ruang kerja dengan suasana yang tenang.

Selain itu, Anda juga bisa memperhitungkan jarak antara ruang kerja dan ruang makan agar mudah dijangkau jika ingin membuat minuman di waktu kerja.

Pasang skylight

Langkah selanjutnya untuk memberikan pencahayaan alami di ruang kerja adalah dengan memasang skylight atau langit-langit tembus pandang.

Skylight mampu mendistribusikan cahaya secara lebih merata di ruangan dan membawa cahaya hingga tiga kali lipat lebih banyak dibanding dengan jendela kaca vertikal.

Cara ini tepat untuk memastikan tidak ada sudut tertentu di ruang kerja yang kurang mendapatkan pencahayaan.

Perlengkapan ruang kerja

Sedangkan cara yang ketiga adalah dengan memperhatikan perlengkapan pada ruang kerja, seperti meja, kursi dan aliran listrik.

Carilah kursi dengan penyangga punggung, leher dan lengan yang nyaman serta meja dengan tinggi yang sesuai.

Selain itu, pastikan ruang kerja dan perlengkapannya tetap teroganisir untuk mempermudah dan mempersingkat waktu ketika sedang mencari barang.

Kesempatan untuk kerja dari rumah juga bisa Anda manfaatkan untuk mendekorasi ruang kerja dengan desain interior yang disukai.

Misalnya warna hijau dan biru yang menenangkan dan baik untuk mengurangi stres. Atau warna terang dan putih yang mendukung pencahayaan ruangan menjadi lebih cerah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com