Kini, Warga Desa Ria 1 di NTT Bisa Nikmati Fasilitas Air Bersih dari Sumur

Kompas.com - 27/11/2021, 13:30 WIB
Pembangunan sumur air bersih bagi warga Desa Ria-1, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dok. PTTEP Indonesia.Pembangunan sumur air bersih bagi warga Desa Ria-1, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan minyak nasional asal Thailand yang beroperasional di Indonesia, PTTEP Indonesia, membangun fasilitas sumur air bersih DI Desa Ria-1, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bersama PTTEP Indonesia, pembangunan sumur ini digagas oleh Anggota DPR RI dari NTT Julie Sutrisno Laiskodat.

Saat ini, sumur tersebut telah dibangun oleh PTTEP Indonesia beserta Bupati Kabupaten Ngada Andreas Paru, Ketua DPRD Kabupaten Ngada Bernadinus Dhey Ngebu, serta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan desa setempat.

Julie mengungkapkan, PTTEP sudah membangun sumur dengan mencarikan mata air untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTT.

"Tolong jaga dengan baik. Terima kasih kepada ibu bapak telah membantu kami, air menjadi salah satu masalah di NTT," ujar dia dalam siaran pers, Sabtu (27/11/2021).

Proses pembangunan sumur cukup sulit karena dalam survei geolistrik untuk menentukan titik lokasi kedalaman air bersih di permukaan tanah karena tak langsung bisa langsung mendapatkan sumber air.

Selama proses pengeboran sumur muncul banyak tantangan seperti tanah terletak di lokasi pengeboran dilapisi batuan keras dan tebal.

Baca juga: Selamatkan Kawasan Puncak, PHRI Tanam Pohon dan Buat Sumur Resapan

Kemudian, ada cuaca ekstrem yang kerap terjadi seperti hujan lebat dan badai serta Pandemi Covid-19 juga menjadi faktor proses pengerjaan pengeboran menjadi tidak mudah.

Namun, General Manager PTTEP Indonesia Grinchai Hattagam bersyukur pembangunan sumur berhasil dilaksanakan selama delapan bulan lamanya.

PTTEP Indonesia berharap dengan adanya fasilitas sumur air bersih ini, akan menambah semangat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Desa Ria-1.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.