Kompas.com - 24/11/2021, 20:30 WIB
ilustrasi lemari es Dok. Polytronilustrasi lemari es

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es merupakan salah satu benda penting dalam sebuah rumah. Kehadirannya sangat membantu untuk memperpanjang umur bahan dan produk olahan makanan.

Namun bagian luar lemari es sangat rentan terkena karat karena terbuat dari material logam. Karat bisa terjadi saat udara hangat dari dalam ruangan bertemu dengan udara dingin dari lemari es.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika lemari es Anda tidak dilapisi dengan benar produsen makan area lembap akan terpusat pada suatu titik di bagian eksterior.

Baca juga: Kulkas Anda Mengeluarkan Bau Tidak Sedap? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab lainnya adalah kelalaian pemilik lemari es untuk segera membersihkan tumpahan makanan atau menggunakan produk pembersih yang salah.

Misalnya, sikat kawat baja tidak boleh digunakan untuk membersihkan lemari es, karena partikel kecil yang tertinggal justru dapat menimbulkan karat.

Cara menghilangkan karat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada bagian luar kulkas adalah membersihkannya.

Gunakan pembersih karat komersial yang dapat dibeli di toko perlatan rumah. Anda juga dapat mengampelas bagian yang berkarat jika area karatan tidak terlalu besar.

Setelah karat dihilangkan dari area kecil, area yang sudah bersih dapat dilapisi dengan cat anti karat.

Namun, bila karat di lemari es Anda sudah dalam kondisi parah, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghubungi produsen atau pengecer. Lemari es yang tidak bergaransi dapat dibongkar dan dicat ulang di bengkel bodi mobil.

Untuk mencegah karat kembali muncul di bodi lemari es Anda, segera bersihkan bila terjadi tumpahan cairan. Lap lemari es hingga kering dengan kain lembut.

Dari pada menggunakan pembersih komersial yang mungkin mengandung amonia atau pemutih, Anda bisa menggunakan campuran sabun dan air yang lebih lembut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Hunker
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.