Beroperasi 17 Agustus 2022, Begini Progres LRT Jabodebek

Kompas.com - 17/11/2021, 19:30 WIB
LRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi pada 2022. Dok. Humas KemenhubLRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi pada 2022.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan LRT Jabodebek masih berjalan. PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) menargetkan operasionalisasi infrastruktur transportasi ini secara komersial pada 17 Agstus 2022 mendatang.

Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Barata mengatakan, progres LRT Jabodebek per November 2021 sudah mencapai 88,1 persen. Mencakup bagian pekerjaan sipil dan struktur lintasan.

"Termasuk pula untuk pengerjaan track dan pemasangan rel," katanya dikutip dari Kompas.com dalam acara Public Expose Virtuall, Rabu (17/11/2021).

Pembangunan LRT Jabodebek tahap 1 terdiri dari tiga lintasan, yakni rute Cawang-Cibubur, rute Cawang-Dukuh Atas, serta rute Cawang-Bekasi Timur.

"Pengerjaan track dan pemasangan lintasan kami selesaikan, dan kami sedang lakukan testing," ujarnya.

Baca juga: Usai Kecelakaan LRT Jabodebek, Kemenhub Gelar Simulasi Perbaikan SOP

Dengan demikian, ADHI menargetkan LRT Jabodebek bisa beroperasi secara komersial pada 17 Agustus 2022, bertepatan dengan HUT RI ke-77.

"Target operasi dari proyek ini adalah 17 Agustus tahun depan. Sehingga InsyaAllah bersamaan dengan Hari Kemerdekaan, proyek ini sudah bisa melakukan commercial operation," terangnya.

Seiring dengan hal ini, pihaknya juga mendorong PT Adhi Commuter Properti (ADCP) untuk mengembangkan hunian di kawasan sekitar stasiun LRT Jabodebek.

"Untuk mendukung beroperasinya LRT Jabodebek tahun depan, kami terus-menerus mendorong Adhi Commuter untuk melakukan percepatan-percepatan pengembangan properti di area-area yang ada di sekitar stasiun," tutur Pundjung.

Sebagai informasi, saat ini ADCP memiliki portofolio kuat dari proyek TOD baik eksisting maupun baru yang terletak di Jabodetabek.

Anak usaha BUMN PT Adhi Karya Tbk (ADHI) ini telah membangun 11 proyek hunian berkonsep transit oriented development (TOD) dengan total luas lahan 144 hektar.

Meliputi, LRT City Bekasi-Eastern Green, LRT City Bekasi-Green Avenue, LRT City Jatibening, LRT City MTH, LRT City Tebet, LRT City Ciracas.

Lalu, LRT City Sentul, Adhi City Sentul, serta Grand Central Bogor-Member of LRT City, Cisauk Point Member of LRT City, Oase Park-Member of LRT City.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.