Kompas.com - 15/10/2021, 16:00 WIB
Jalan Trans Papua Barat Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRJalan Trans Papua Barat

JAKARTA, KOMPAS.com- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan Infrastruktur di Papua dan Papua Barat.

Saat ini, yang tengah menjadi fokus yaitu Jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan hingga saat ini sebagian Jalan Trans-Papua sudah teraspal dan sebagian lain tengah dalam proses pengaspalan. 

Menurutnya, dari segi akses jalan, hanya tinggal sedikit lagi yang belum tembus hingga mencapai target Trans-Papua.

"Kalau dalam keadaan tembus, tinggal sedikit yang belum tembus. Kami fokus ke Jayapura-Wamena dulu," kata Hedy di The Tribata Darmawangsa Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: Jalan Trans-Papua Diharapkan Kurangi Indeks Kemahalan

Hedy mengatakan, Wamena menjadi salah satu kawasan strategis untuk memperlancar arus logistik. Sebab itu, jalan di kawasan ini akan mampu menekan biaya logistik.

"Daerah-daerah yang dianggap strategis seperti Wamena, akan diutamakan dengan menembus salah satu koridor logistik dulu, sehinga nanti bisa menekan biaya logistik," tutur Hedy. 

Melansir Setkab.go.id, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar mengungkapkan, hingga September 2021 pembangunan Jalan Trans Papua telah tembus sepanjang 3.446 kilometer dari total panjang 3.462 kilometer. 

Dari 3.446 kilometer, sepanjang 1.733 kilometer telah teraspal dan 1.712 kilometer sisanya belum teraspal. 

Untuk diketahui, Pembangunan Jalan Trans-Papua termasuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Proyek Trans Papua dibangun bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dengan meningkatkan akses serta konektivitas antar wilayah sehingga dapat membuka daerah yang terisolasi.

Selain itu, pembangunan Trans Papua juga diharapkan dapat mengurangi indeks kemahalan, mengurangi angka kemiskinan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.