Kompas.com - 26/09/2021, 16:59 WIB
Jembatan Sei Alalak, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Dok. Kementerian PUPR.Jembatan Sei Alalak, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya kendaraan roda dua dan mobil penumpang yang dapat melintasi Jembatan Sei Alalak saat dilakukan uji coba operasional terbatas mulai Minggu (26/9/2021) pukul 13.30 WITA.

Ini merupakan salah satu petunjuk selama uji coba operasional jembatan tersebut berlangsung yang diatur oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan hal ini dalam siaran pers, Sabtu (26/9/2021).

"Sesuai petunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, selama uji coba operasional secara terbatas, terdapat beberapa ketentuan yang harus ditaati seperti jenis kendaraan yang diizinkan hanya kendaraan roda dua dan mobil penumpang," ungkap Endra.

Baca juga: Atas Perintah Jokowi, Jembatan Sei Alalak Open Traffic Minggu Ini

Selain itu, kendaraan yang melintasi dilarang berhenti dan parkir di atas jembatan, dan harus menjaga kebersihan dan ketertiban.

Endra melanjutkan, uji coba operasional secara terbatas dapat dilakukan karena Sei Alalak sudah lolos uji laik fungsi struktur dari Menteri PUPR No.BM.05.03-Mn/1527 tanggal 15 September 2021 dan telah diperbaiki 24 September 2021.

Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel telah dan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian daerah dan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk pengaturan lalu lintas.

Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.Dok. Kementerian PUPR. Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Ini dilakukan demi memastikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat selama masa uji coba operasional jembatan.

Masyarakat Banjarmasin juga diharapkan bantu menjaga dan memelihara salah satu pembangunan infrastruktur terbaru di Pulau Kalimantan ini.

Untuk diketahui, Sei Alalak memiliki kekhususan yaitu memiliki pilon jembatan tunggal dan melengkung ke arah luar.

Baca juga: Masuk Tahap Uji Beban, Jembatan Sei Alalak Diresmikan dalam Waktu Dekat

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.