Kompas.com - 21/09/2021, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda, bahwa bentuk gazebo sejatinya sangat beragam? Ada yang berbentuk lingkaran, segi empat, atau segi enam.

Di Bali, gazebo biasanya disebut dengan istilah Bale Bengong. Nama ini berasal dari kata “bale” yang berarti tempat atau ruang dan “bengong” yang berarti melamun atau bersantai.

Bale Bengong bermakna sebagai tempat untuk melamun atau tempat untuk bersantai.

Keberadaan Bale Bengong digunakan sebagai tempat untuk bersantai dan pertemuan keluarga.

Karena sudah beradaptasi dengan daerah Bali, Bale Bengong ini menjadi bagian dari gaya arsitektur Bali.

Tentunya Bale Bengong bersifat permanen yang juga berfungsi sebagai ruang informal, tempat bersantai, dan beristirahat sambil menghirup udara segar serta melihat taman di sekeliling.

Baca juga: Konsep Neo-Vernakular Rumah Adat Lampung, Sarat Ornamentasi

Menurut I Nyoman Gelebet dalam Arsitektur Tradisional Daerah Bali, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1982), dalam sejarahnya, Bale Bengong digunakan sebagai tempat untuk mengeringkan atau meletakkan hasil panen seperti padi sebelum masuk ke lumbung saat musim panen tiba.

Struktur utama dari Bale Bengong sebenarnya adalah rumah kecil terbuka dan dibangun di area yang juga terbuka atau dalam hal ini di lahan taman.

Letaknya yang terpisah dari bangunan rumah induk, menjadikan Bale Bengong tampak kian indah. Struktur utamanya terletak pada kolom yang mendukung bagian atapnya.

Jumlah tiang yang terbuat dari kayu umumnya berjumlah empat. Namun, ada pula yang lebih karena bergantung dari ukuran bangunan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.