Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Lengkap Infrastruktur yang Dibangun di Jabodetabek (II)

Kompas.com - 15/09/2021, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan berkomitmen membangun berbagai infrastruktur di seluruh Indonesia.

Hal ini dilakukan demi mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing bangsa, serta tercapainya konektivitas antar-wilayah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur dilakukan juga mengurangi ketimpangan dan kesenjangan antar-wilayah.

Baca juga: Ini Deretan Infrastruktur yang Dibangun Pemerintah di Sumatera Utara

"Selain itu, tujuannya mengurangi ketimpangan taraf hidup masyarakat, khusunya dari segi penghasilan melalui infrastruktur kerakyatan," ujar Basuki dikutip dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (15/09/2021).

Pembangunan infrastruktur ini dikerjakan di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Lantas, apa saja pembangunan infrastruktur yang tengah dibangun di wilayah itu oleh Kementerian PUPR?

Artikel ini merupakan bagian kedua, sementara bagian pertama bisa Anda bisa membuka tautan ini: Daftar Infrastruktur yang Dibangun di Jabodetabek (I):

6. Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 BSD-Legok

Tol Serpong-Balaraja.Dok. Sinar Mas Land. Tol Serpong-Balaraja.
Tol yang tengah dikebut Pemerintah agar segera tuntas pembangunannya pada tahun 2021 adalah Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1 BSD-Legok.

Seksi ini terdiri dari atas tiga paket pekerjaan. Namun, paket I sepanjang 2,3 kilometer baru memasuki pembebasan lahan.

Sementara paket 2 dan 3 sepanjang 950 meter dan 1,9 kilometer masing-masing progresnya mencapai 54,1 persen dan 25,18 persen.

Nantinya, tol dengan nilai investasi sbesar Rp 6,17 triliun tersebut direncanakan memiliki delapan Simpang Susun (SS).

Kedelapan SS ini adalah SS CBD, SS Industri, SS Legok, SS Mekar Jaya, SS Pasir Barat, SS Jambe, SS Cileles, dan SS Tigaraksa.

7. Tol Serpong-Cinere Seksi Pamulang-Cinere

Jasa Marga Catat 525 Ribu Kendaraan Melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-PamulangJasa Marga Jasa Marga Catat 525 Ribu Kendaraan Melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang
Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere sedang dibangun Pemerintah dengan capaian progres 84,7 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com