Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Lengkap Infrastruktur yang Dibangun di Jabodetabek (I)

Kompas.com - 15/09/2021, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan berkomitmen membangun berbagai infrastruktur di seluruh Indonesia.

Hal ini dilakukan demi mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing bangsa, serta tercapainya konektivitas antar-wilayah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur ini juga untuk mengurangi ketimpangan dan kesenjangan antar-wilayah.

"Selain itu, tujuannya mengurangi ketimpangan taraf hidup masyarakat, khusunya dari segi penghasilan melalui infrastruktur kerakyatan," ujar Basuki dikutip dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Ini Deretan Infrastruktur yang Dibangun Pemerintah di Sumatera Utara

Pembangunan infrastruktur ini dikerjakan di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Lantas, apa saja pembangunan infrastruktur yang tengah dibangun di wilayah itu oleh Kementerian PUPR?

Artikel ini merupakan bagian pertama dari dua tulisan. Artikel bagian kedua bisa dibuka pada tautan ini Daftar Infrastruktur yang Dibangun di Jabodetabek (II):

1. Bendungan Sukamahi

Pembangunan Bendungan Sukamahi sudah direncanakan sejak tahun 1990-an dan mulai dibangun tahun 2017.

Hingga kini, progres bendungan tersebut mencapai 78,96 persen dengan capaian pembebasan lahan 95,01 persen.

Infrastruktur sumber daya air (SDA) senilai Rp 464,93 miliar ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Basuki dengan kerja sama operasi (KSO).

Baca juga: Jalan Tol hingga Penataan Kawasan Borobudur, Proyek yang Dikebut Pemerintah di Jawa Tengah

Bendungan Sukamahi didesain dengan tipe urugan random inti miring dengan tinggi puncak 55 meter, lebar 9 meter dan panjang 169 meter.

Adapun bendungan yang berlokasi di Kabupaten Bogor tersebut memiliki daya tampung 1,68 juta meter kubik dan luas area genangan 5,23 hektar dengan manfaat mereduksi banjir sebesar 15,47 meter kubik per detik.

2. Bendungan Ciawi

Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.Dok. Kementerian PUPR. Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.
Masih di wilayah yang sama, Pemerintah juga tengah membangun bendungan yang berfungsi mengendalikan banjir di ibu kota DKI Jakarta yaitu Bendungan Ciawi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com