Bendungan Rp 1,78 Triliun Ini Diklaim Tingkatkan Intensitas Tanam Jadi Tiga Kali Setahun

Kompas.com - 03/09/2021, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Bendungan Way Sekampung yang dibangun dengan anggaran Rp 1,78 triliun ini diprediksi dapat meningkatkan intensitas tanaman menjadi tiga kali setahun.

"Intensitas tanam juga bisa ditingkatkan dari semula dua kali setahun, menjadi tiga kali setahun. Artinya, produksi dan kesejahteraan petani pun ikut meningkat," kata Jokowi saat meresmikan bendungan tersebut, Kamis (02/09/2021).

Bendungan dengan kapasitas tampung 68 juta meter kubik ini memiliki luas genangan 800 hektar.

Baca juga: Ini Manfaat Bendungan Kuningan yang Diresmikan Presiden Jokowi

Jokowi melanjutkan, manajemen dari hulu sampai hilir dengan sistem cascade Way Sekampung ini diharapkan dapat menjaga kontinuitas ketersediaan air di salah satu lumbung pangan nasional agar bisa meningkatkan produksinya.

Kehadiran Bendungan Way Sekampung diproyeksikan bisa memperkuat ketahanan air dan pangan di wilayah Lampung.

Bendungan ini akan berfungsi optimal untuk mendukung produktivitas pertanian jika disambung dengan sistem irigasi tertata dengan baik, mulai saluran irigasi primer, sekunder, tersier, hingga kuarter.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Way Sekampung juga terintegrasi dengan dua bendungan lainnya yaitu Margatiga di hilir yang akan selesai akhir 2021 dan Batutegi yang tuntas sejak 2004 silam.

Bendungan Way Sekampung di Lampung.Dok. Kementerian PUPR. Bendungan Way Sekampung di Lampung.
Bendungan Way Sekampung ini berfungsi sebagai penyuplai atau regulasi dam yang nantinya dapat menambah sekitar 17.500 hektar dari 55.000 hektar yang sudah ada.

"Kita optimalkan air Way Sekampung ini dengan ketiga bendungan tersebut,” ungkap Basuki.

Pembangunan Bendungan Way Sekampung dilakukan di bawah tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji-Sekampung dan dikerjakan oleh empat kontraktor yakni PT PP (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, serta PT Ashfri.

Baca juga: Waskita Teken Kontrak Bendungan Mbay Senilai Rp 700 Miliar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.