Kompas.com - 30/08/2021, 15:41 WIB
Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI bersama Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR Kementerian PUPR Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI bersama Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan hingga Agustus 2021 telah melakukan empat kali refocusing anggaran TA 2021 senilai Rp 128,99 miliar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan pagu awal anggaran Sekjen PUPR TA 2021 adalah sebesar Rp 748,20 miliar.

Pasca dilakukan refocusing, pagu tersebut berubah menjadi Rp 619,21 miliar.

"Jadi pagu Sekjen PUPR TA 2021 itu berkurang sebesar Rp 128,99 miliar dan telah ditindaklanjuti dengan revisi pengurangan pagu anggaran," kata Zainal dalam Rapad Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, Jakarta, Senin (30/08/2021).

Baca juga: Kementerian ATR/BPN Usul Tambahan Pagu Anggaran 2022 Sebesar Rp 6,7 Triliun

Zainal merinci, pada refocusing tahap I dan II terjadi pengurangan pagu anggaran sebesar Rp 83,92 miliar.

Refocusing itu dilakukan melalui penghematan belanja barang yang bersumber dari honorarium, perjalanan dinas, paket meeting, dan belanja jasa.

Kemudian belanja modal, belanja gaji, belanja non-operasional lainnya dan belanja tunjangan kinerja yang berpotensi tidak terserap.

"Penghematan honorarium dilakukan, karena ada aturan bahwa setiap dari kami tidak boleh dapat honorarium apa pun dari kegiatan apa pun sepanjang itu bersumber dari anggaran PUPR," ujarnya.

Sementara untuk tunjangan kinerja yang berpotensi tidak terserap ini karena ada kebijakan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar tunjangan yang mestinya dibayarkan tidak jadi kita bayarkan.

Selanjutnya pada refocusing tahap III dan IV terjadi pengurangan pagu sebesar Rp 38,14 miliar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.