Kompas.com - 21/08/2021, 19:15 WIB
Jalan Tol Serpong-Cinere. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Jalan Tol Serpong-Cinere.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama Agustus hingga akhir 2021 atau Semester II, akan ada tambahan 14 jalan tol baru yang dijadwalkan beroperasi.

Dari jumlah tersebut, sudah ada tiga jalan tol yang siap dibuka bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 RI.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol ini terhubung dengan kawasan-kawasan produktif sehingga dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk nasional.

Baca juga: Kejar Target Tol Ciawi-Cibadak Tersambung 2022, Trans Jabar Naikkan Tarif Seksi I

"Kami selesaikan pembangunan tiga ruas jalan tol dan jalan lingkar yang bertepatan dengan momentum Dirgahayu ke-76 RI," ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Menurut Basuki, ini merupakan bukti Pemerintah bersama pelaku industri jasa konstruksi terus bekerja meski dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Saleh Atmawidjaja memastikan 14 jalan tol tersebut akan beroperasi sesuai jadwal.

"Iya, sesuai schedule (jadwal)," ujar Endra menjawab Kompas.com, Sabtu (21/08/2021).

Namun demikian, kata Endra, akan ada satu atau dua ruas jalan tol yang kemungkinan mundur jadwalnya menjadi awal Januari 2022.

"Tapi nanti akan kami evaluasi September," imbuh dia.

Tol yang diperkirakan mundur dari jadwal yaitu ruas Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.