Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lama Lagi, Tol Akses Menuju Bandara Kertajati Bisa Dilintasi

Kompas.com - 17/08/2021, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ditargetkan selesai September 2021.

CEO Toll Road Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono mengatakan, pembangunan jalan tol tersebut terus dilanjutkan meski dalam kondisi Pandemi Covid-19.

"Pembangunan Tol Akses BIJB Kertajati tetap berjalan dan diharapkan akan selesai September 2021," terang Krist dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (17/08/2021).

Hal ini merupakan upaya Astra Infra dalam memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia dengan menggelorakan semangat "AYO Bangkit Ikhtiar untuk Negeri".

Baca juga: Akhirnya, Tol Pertama di Bumi Kalimantan Siap Beroperasi Penuh

Gerakan tersebut, kata Krist, membingkai rangkaian inisiatif perusahaan dan seluruh anak usaha dalam menyambut peringatan HUT RI.

Menurut Krist, kondisi yang menantang saat ini tetap membuat Astra Infra berkarya untuk kemajuan dan kebanggaan bangsa.

Ada juga kegiatan value creation (kreasi nilai) sedang dan telah dilaksanakan salah satunya, groundbreaking rejuvenate Rest Area Kedungmlati KM 695 B dan Karangdagangan KM 678 A dan pembentukan Emergency Response Team di ruas tol Jombang-Mojokerto.

Selain itu, dilakukan beautifikasi di Gerbang Tol (GT) dan pemasangan Gardu Ultralight di Tol Tangerang-Merak, serta revitalisasi Akses Serang Timur.

Beautifikasi jalan tol juga dilakukan di jalan tol seerti di Lereng Km 725B Tol Surabaya-Mojokerto, pengecetan marka, dan bullnose Tol Kunciran-Serpong.

Baca juga: Girder Jembatan Dipasang, Progres Tol Akses Bandara Kertajati Tembus 60 Persen

"Ikhtiar untuk negeri juga digulirkan dengan senantiasa memaksimalkan kontribusi sosial kepada masyarakat di sekitar jalan tol," lanjut Krist.

Sebagai bagian dari grup Astra, Astra Infra mewujudkan program Kampung Berseri
Astra (KBA).

KBA Desa Talagasari Balaraja diresmikan pada 17 Desember 2018 dan merupakan KBA pertama yang dibina oleh ASTRA Infra Group.

Melalui program pengelolaan lingkungan, kata Krist, perekonomian di KBA ini menjadi tergerak.

Program Bank Sampah KBA Talagasari berhasil menciptakan ekonomi sirkular dengan capaian
penjualan sampah Rp 11,4 juta dan omset mencapai Rp 7,48 juta.

Tidak hanya itu, kegiatan pengolahan komposter sudah menghasilkan 27,1 liter pupuk cair komposter yang digunakan untuk menyuburkan tanaman warga.

Pada tahun 2020, diresmikan KBA Desa Cikuasa yang diproyeksikan menjadi kampung wisata dengan keindahan alam di daerah perbukitan dan masyarakat yang ramah dan kreatif.

KBA ini memiliki Kelompok Wanita Tani (KWT) yang melakukan budidaya berbagai tanaman serta 13 Usaha Mikro Kecil dan Menengeah (UMKM) binaan aktif dengan berbagai produk unggulan lokal seperti emping, kripik pisang, kue akar kelapa, hingga sambal krutuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com