Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunaikan CSR, Hutama Karya Bangun Akses Jalan UIN Suska Riau

Kompas.com - 02/08/2021, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) telah menuntaskan pembangunan akses jalan Fakultas Pertanian dan Peternakan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau (UIN Suska Riau) pada pertengahan Juli lalu.

Ini merupakan kolaborasi antara dua anak usaha Hutama Karya yakni, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dengan PT Hakaaston (HKA).

Sebelumnya, Fakultas Pertanian dan Peternakan belum memiliki akses jalan yang solid atau permanen dari jalan utama UIN Suska Riau menuju dua gedung laboratorium dan teaching farm yang berlokasi di belakang fakultas.

Adapun jalan akses yang dibangun berupa perkerasan rigid yang dimulai sejak pertengahan Juni hingga pertengahan Juli tahun ini.

Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau Edi Erwan menyampaikan, kehadiran jalan akses ini sangat membantu mobilisasi civitas akademika di UIN Suska Riau, khususnya Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Erwan memaparkan, jalan akses tersebut pun kini menjadi rute yang selalu dilalui rektor dan civitas akademika saat bersepeda pagi seminggu sekali.

Baca juga: Pemerintah Perbaiki Akses Jalan di Sulawesi Tenggara

Dibangunnya infrastruktur pendidikan ini sangat membantu civitas akademika UIN Suska Riau menuju asrama putri, gedung-gedung perkuliahan dari arah belakang Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah, Ilmu Hukum, serta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan maupun sarana lainnya.

"Tentunya, nanti ketika aktivitas perkuliahan kembali normal, hadirnya jalan ini akan dilalui
banyak civitas akademika dan membuat perjalanan mereka selama di kampus semakin
nyaman,” terang Erwan dalam keterangan tertulis, Senin (02/08/2021).

Sementara itu, Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengatakan, pihaknya selalu berusaha
hadir di tengah-tengah masyarakat, khususnya di sekitar proyek yang HKI kerjakan.

“Kami sangat senang apabila dapat menghadirkan nilai tambah bagi masyakarat ataupun stakeholders di sekitar proyek HKI, terlebih di bidang pendidikan,” tutur Aji.

Dia berharap, jalan akses yang telah dibangun ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh civitas akademika UIN Suska Riau.

Pembangunan jalan akses UIN Suska Riau ini merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan terhadap para pemangku kepentingan dalam membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Hingga tahun ini, HKI telah menyelesaikan konstruksi pembangunan JTTS Ruas Palembang-Indralaya, Pekanbaru-Dumai, serta Medan-Binjai, dengan total main road sepanjang 170 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com