Kompas.com - 02/08/2021, 12:00 WIB
Jalan akses di Fakultas Pertanian dan Peternakan  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau (UIN Suska Riau). Dok. PT Hutama Karya (Persero).Jalan akses di Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau (UIN Suska Riau).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) telah menuntaskan pembangunan akses jalan Fakultas Pertanian dan Peternakan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau (UIN Suska Riau) pada pertengahan Juli lalu.

Ini merupakan kolaborasi antara dua anak usaha Hutama Karya yakni, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dengan PT Hakaaston (HKA).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Fakultas Pertanian dan Peternakan belum memiliki akses jalan yang solid atau permanen dari jalan utama UIN Suska Riau menuju dua gedung laboratorium dan teaching farm yang berlokasi di belakang fakultas.

Adapun jalan akses yang dibangun berupa perkerasan rigid yang dimulai sejak pertengahan Juni hingga pertengahan Juli tahun ini.

Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau Edi Erwan menyampaikan, kehadiran jalan akses ini sangat membantu mobilisasi civitas akademika di UIN Suska Riau, khususnya Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Erwan memaparkan, jalan akses tersebut pun kini menjadi rute yang selalu dilalui rektor dan civitas akademika saat bersepeda pagi seminggu sekali.

Baca juga: Pemerintah Perbaiki Akses Jalan di Sulawesi Tenggara

Dibangunnya infrastruktur pendidikan ini sangat membantu civitas akademika UIN Suska Riau menuju asrama putri, gedung-gedung perkuliahan dari arah belakang Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah, Ilmu Hukum, serta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan maupun sarana lainnya.

"Tentunya, nanti ketika aktivitas perkuliahan kembali normal, hadirnya jalan ini akan dilalui
banyak civitas akademika dan membuat perjalanan mereka selama di kampus semakin
nyaman,” terang Erwan dalam keterangan tertulis, Senin (02/08/2021).

Sementara itu, Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengatakan, pihaknya selalu berusaha
hadir di tengah-tengah masyarakat, khususnya di sekitar proyek yang HKI kerjakan.

“Kami sangat senang apabila dapat menghadirkan nilai tambah bagi masyakarat ataupun stakeholders di sekitar proyek HKI, terlebih di bidang pendidikan,” tutur Aji.

Dia berharap, jalan akses yang telah dibangun ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh civitas akademika UIN Suska Riau.

Pembangunan jalan akses UIN Suska Riau ini merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan terhadap para pemangku kepentingan dalam membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Hingga tahun ini, HKI telah menyelesaikan konstruksi pembangunan JTTS Ruas Palembang-Indralaya, Pekanbaru-Dumai, serta Medan-Binjai, dengan total main road sepanjang 170 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.