Kompas.com - 27/07/2021, 13:00 WIB
Program Sejuta Rumah (PSR). Dok. BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRProgram Sejuta Rumah (PSR).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid memastikan, Program Sejuta Rumah (PSR) tetap dilakukan pada masa Pandemi Covid-19.

Meski begitu, dilakukan pengawasan pembangunan rumah di lapangan dengan mengacu pada protokol kesehatan secara ketat serta melihat kebijakan pembatasan di setiap daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Berdasarkan arahan Menteri PUPR pada masa Pandemi Covid-19 ini, kami akan tetap melaksanakan pembangunan rumah melalui PSR dengan mematuhi batasan protokol kesehatan di lapangan," ujar Khalawi dalam siaran pers, Selasa (27/07/2021).

Baca juga: Rusun ASN Sleman Siap Huni, Tampilkan Ciri Khas Motif Batik Parijotho

Khalawi mengungkapkan, kebutuhan rumah layak huni sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada masa ini.

Dari hasil kunjungan kerjanya ke sejumlah daerah terlihat bahwa masyarakat tetap melaksanakan pembangunan perumahan.

Namun demikian, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengurangi jumlah pekerja di lapangan agar tidak berkerumun.

"Pembangunan infrastruktur dan perumahan yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tetap berjalan karena hasil pembangunannya benar-benar ditunggu masyarakat, misalnya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)," klaim dia.

Dia mengakui, gelombang kedua Covid-19 tentu juga berdampak pada pembangunan perumahan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan sektor swasta.

Namun demikian, dia tetap mendorong kolaborasi, inovasi, dan kerja sama antar pemangku kepentingan agar perekonomian negara tetap terjaga.

Baca juga: Hingga Mei, Program Sejuta Rumah Tembus 312.290 Unit

Terkait dengan inovasi yang dilaksanakan pada kondisi saat ini, sosialisasi kegiatan dilakukan secara daring atau virtual.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.