Banjir China, 14 Pekerja Tewas di Terowongan Shijingshan

Kompas.com - 23/07/2021, 19:30 WIB
Proses evakuasi yang berlangsung di terowongan Shijingshan kota Zuhai, China. Sebanyak 14 orang yang terjebak ditemukan tewas. Channel News AsiaProses evakuasi yang berlangsung di terowongan Shijingshan kota Zuhai, China. Sebanyak 14 orang yang terjebak ditemukan tewas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang terjadi di China bagian selatan lagi-lagi memakan korban. Kali ini 14 orang pekerja yang dinyatakan hilang dalam terowongan Shijingshan di Zuhai dipastikan tewas pada Kamis (22/07/2021).

Seperti dikutip dari Channel News Asia, para pekerja ini terjebak dalam terowongan ketika banjir datang pekan lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya setelah dilakukan upaya pencarian lebih kurang satu minggu, ke-14 orang ini tidak lagi terselamatkan.

Pernyataan ini disampaikan oleh pemerintah kota Zhuhai melalui media sosialnya. Namun, mereka tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang penyebab bencana yang terjadi pada 15 Juli lalu ataupun sebab kematian para pekerja. 

Terowongan Shijingshan merupakan bagian dari jalan tol yang sedang dibangun. Lokasinya berada di bawah waduk ibu kota provinsi Guangdong serta terletak dekat dengan Hong Kong dan Makau.

Baca juga: Selamatkan Warga dari Ancaman Banjir, Militer China Ledakkan Bendungan

Upaya penyelamatan melibatkan penyelam, kapal selam yang dikendalikan dari jarak jauh, dan peralatan berteknologi tinggi lainnya.

Tak hanya itu, para pekerja lainnya juga terlibat dalam proses evakuasi dan memompa air secara keluar dari dalam terowongan.

Namun, proses evakuasi ini kadang terhambat oleh asap karbon monoksida dari mesin yang digunakan dalam terowongan sebagai bagian dari operasi.

Mekipun penyebab kejadian ini masih belum jelas, namun beberapa laporan warga sekitar mengatakan terdengar suara abnormal dan potongan material mulai jatuh dari satu sisi terowongan.

Evakuasi dilakukan ketika air mengalir masuk ke dalam terowongan. Namun naasnya 14 orang yang meninggal tidak dapat keluar tepat waktu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.