Kafe Robot Ini Dioperasikan dari Jarak Jauh oleh Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 12/07/2021, 15:00 WIB
Dawn Avatar Robot Cafe di Nihonbashi di Tokyo, Jepang hk.asiatatler.comDawn Avatar Robot Cafe di Nihonbashi di Tokyo, Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah kafe bernama Dawn Avatar Robot Cafe di Nihonbashi,  Tokyo, Jepang, menggunakan robot sebagai pelayan kafe yang dapat mengantarkan pesanan makanan kepada pelanggannya.

Kafe yang terletak di lantai pertama Nihonbashi Life Science Building 3, 3-8 Nihonbashihoncho, Chuo-ku, ini memiliki robot pelayan bernama Orihime yang dioperasikan dari jarak jauh oleh para pekerjanya yang merupakan penyandang disabilitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Tatler, Senin (12/07/2021), sejak tahun 2018, kafe pop-up Dawn Avatar Cafe memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk bekerja sebagai staf kafe dengan mengendalikan server robot OriHime dari jarak jauh yang dirancang oleh Ory Laboratories.

Baca juga: Terbesar di Asia Pasifik, Hilton Singapore Orchard Berisi 1.080 Kamar

Setelah beberapa pop-up cafe sukses mengoperasikan robot dan melayani lebih dari 5.000 ribu pelanggan, OryLab akhirnya membuka kafe permanen di Nihonbashi baru dibuka sejak Juni 2021.

Alasan membangun cafe robot

Co-founder dan CEO Ory Laboratories Kentaro Yoshifuji menceritakan alasananya merancang avatar robot yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Dia mengaku pernah memiliki pengalaman terbaring di tempat tidur selama tiga tahun.

Hal itu menjadi alasan utama dirinya menciptakan robot sebagai pelayan dan mempekerjakan para penyandang disabilitas.

"Sejak 2012 kami telah bekerja bersama dengan penyandang disabilitas untuk memberi mereka kesempatan agar mereka dapat bersosialisasi dan bekerja secara normal," kata Kentaro.

Robot bisa berkomunikasi dengan pelanggan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.