Komunikasi Antar-lembaga Pemerintah Hambat Penyelesaian Konflik Agraria

Kompas.com - 12/07/2021, 12:01 WIB
Kantor Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Jalan Sabang, Jakarta Pusat. Dok. Istimewa/Wakil Menteri ATR/BPN/Surya TjandraKantor Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendala maupun hambatan yang terjadi dalam penyelesaian sengketa dan konflik agraria adalah komunikasi antar lembaga Pemerintah.

Oleh karena itu, Pemerintah membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria atau GTRA untuk membantu Tim Reforma Agraria Nasional dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan Reforma Agraria.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Andi Tenrisau mengatakan hal ini seperti dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Senin (12/07/2021).

"GTRA dibentuk di tingkat pusat, tingkat provinsi, maupun tingkat kabupaten/kota dengan anggota yang berasal dari berbagai sektor,” terang Andi.

Reforma Agraria merupakan program prioritas pemerintah yang bertujuan untuk mengatasi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah.

Pelaksanaan Reforma Agraria ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria.

Sesuai amanat Perpres tersebut, maka dibentuk Tim Reforma Agraria Nasional.

Baca juga: Kesejahteraan Masyarakat Kepulauan Jadi Isu Krusial GTRA Summit 2021

Andi mengatakan, fungsi lembaga tersebut sejatinya melakukan koordinasi sekaligus memfasilitasi. 

Dia menambahkan, tugas-tugas GTRA antara lain mengoordinasikan integrasi penataan aset maupun akses serta memfasilitasi penanganan sengketa dan konflik agraria.

Untuk GTRA Pusat diketuai oleh Menteri ATR/Kepala BPN dan sebagai pelaksana harian adalah Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.