Harga Terjangkau Fasilitas Lengkap, Fakta Menarik tentang Co-Living

Kompas.com - 27/06/2021, 12:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Co-Living merupakan konsep tempat tinggal bersama yang baru berkembang di Indonesia.

Konsep berbagi ruang hidup ini marak ditawaran sejumlah pengembang, terutama untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat perkotaan.

Terbaru PT Lippo Karawaci Tbk yang menawarkan Cove Hillcrest di Lippo Village, Lippo Karawaci, untuk para mahasiswa Universitas Pelita Harapan.

Maraknya pengembangan co-living dipicu oleh sejumlah faktor yang memengaruhi. Pertama, harga jual atau biaya sewa properti di perkotaan yang mahal dan cenderung terus naik.

Baca juga: Diklaim yang Pertama di Asia Tenggara, Intip Desain Co-Living Khusus Mahasiswa

Kedua, ongkos transportasi tinggi untuk ulang-alik dari kawasan tempat tinggal menuju pusat aktivitas, akibatnya biaya hidup pun menjadi lebih tinggi.

Kehadiran co-living ini tentu saja dinilai sebagai solusi terutama bagi anak muda milenial, mahasiswa atau bahkan pekerja profesional yang tetap ingin menghemat hidup di kota dengan cara menyewa rumah dengan harga terjangkau.

Di Indonesia, pertumbuhan co-living memiliki prospek yang baik, mengingat segmen pasarnya yaitu populasi penduduk usia kerja produktif yang berpenghasilan.

Mereka merupakan komposisi tertinggi dalam piramida penduduk, yang dikenal dengan bonus demografi.

"Selain itu, co-living menawarkan banyak sekali manfaat dan fasiltas. Hal itu juga yang jadi perbedaan antara co-living dengan konsep lainnya semisal, kost-kostan, kontrakan atau sewa rumah," ujar Senior Advisor Research Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat kepada Kompas.com.

Menurut Sarie, sapaan akrab Syarifah, secara harfiah co-living adalah gabungan kata dari community living, atau menetap bersama komunitas.

Baca juga: Apartemen Berkonsep Co-Living Mulai Dibangun di Pondok Cabe

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.