Manado Punya Cerita, Tiga Pengembang Beradu Proyek di Semester Dua

Kompas.com - 24/06/2021, 07:00 WIB
Jalan Tol Manado-Bitung Jasa MargaJalan Tol Manado-Bitung

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak kalah dengan Jabodetabek yang merupakan sentra dan benchmark pengembangan properti di Indonesia, Manado kini makin diminati investor.

Hal ini tak lain karena pengembangan sejumlah infrastruktur dan dua kawasan ekonomi khusus (KEK) di Sulawesi Utara yang tengah digeber Pemerintah.

Sebut saja, Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 40 kilometer yang merupakan jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi dengan nilai investasi mencapai Rp 5,12 triliun.

Kemudian KEK Bitung yang dibangun di area seluas 534 hektar, ditargetkan mampu menarik investasi sebesar Rp 35,2 triliun dan mampu menyerap hingga 34.710 tenaga kerja.

Baca juga: Rumah Koleksi Desainer Seharga Rp 561 Juta Ini Bisa Dibeli Tanpa DP

Selanjutnya KEK Pariwisata Likupang dengan tahap awal pengembangan membutuhkan investasi senilai Rp 2,22 triliun.

Associate Director Ciputra Group Sinyo Pelealu mengakui, meskipun tidak langsung, namun kehadiran proyek-proyek infrastruktur tersebut berdampak pada meningkatnya minat masyarakat untuk memiliki rumah di Manado.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kehadiran infrastruktur tersebut, terutama Jalan Tol Manado-Bitung seperti Tol Jagorawi. Orang Bogor akan beli rumah di Jakarta. Nah, demikian halnya dengan orang Bitung yang tertarik beli rumah di Manado," ujar Sinyo kepada Kompas.com, Selasa (22/06/2021).

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.Kementerian ATR/BPN Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.
Terbukti, infrastruktur telah menjadi katalisator bagi penjualan CitraLand Winangun Manado yang tumbuh dua kali lipat lebih tinggi selama Januari-Mei 2021 dibanding periode yang sama tahun 2020.

Pada Kuartal I tersebut, CitraLand Winangun Manado mampu meraup penjualan Rp 38 miliar dari total target Rp 50 miliar.

Baca juga: Menginap di Homestay Manado-Likupang Cuma Rp 200.000 Per Malam

Hal senada dialami poyek Grand Kawanua International City yang dibesut AKR Land Development.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X