Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Plester Dinding dan Manfaatnya bagi Bangunan

Kompas.com - 22/06/2021, 13:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika menyelesaikan sebuah konstruksi, terdapat beberapa tahap yang harus dilalui.

Termasuk proses penyelesaian dinding, biasanya dilakukan tahap plester atau kerap disebut plesteran.

Plester dinding merupakan tahap finishing yang bertujuan melapisi dinding rumah dengan sejumlah material agar terlihat lebih rapi.

Biasanya proses ini dilakukan pada hunian yang material dindingnya terbuat dari bata atau kayu.

Baca juga: Trik Ampuh Mengatasi Cat Dinding yang Pudar

Untuk melakukan proses plester, dibutuhkan campuran beberapa material yakni pasir, semen, dan air. Hasil akhir plesteran akan terlihat halus dan dinding pun siap dilapisi cat.

Proses ini dianggap sebagai salah satu jenis pelapis dinding yang lebih murah karena tidak menggunakan bahan-bahan mahal.

Seluruh proses plester dinding dilakukan secara manual dengan tangan. Karena itu, hasil akhirnya dapat diberi tekstur yang diinginkan.

Misalnya, Anda bisa menggambarkan motif bunga atau bahkan menempel batu kerikil saat adonan material masih dalam keadaan setengah kering.

Salah satu keuntungan ketika melakukan plester dinding adalah memiliki bangunan rumah yang tahan terhadap hujan dan panas. Belum lagi tampilannya yang halus, memberikan kesan rapi dan bersih.

Sayangnya, dinding yang telah diplester bisa cepat rusak. Bila tidak sengaja tersentuh benda berat atau diguncang gempa bumi, dinding akan tampak retak.

Baca juga: Hindari 3 Kesalahan Pemilihan Cat, Bikin Dinding Lebih Kotor

Belum lagi pada bagian dinding yang lembap dan kurang cahaya matahari, bisa muncul lumut dan jamur. Dinding pun akan tampak kotor dan usang.

Bila tak tertangani dengan baik, lapisan plester bisa dengan mudah terkelupas. Karena itu, harus diperbaiki secepat mungkin agar tidak membuat tembok semakin rusak.

Waktu terbaik untuk melakukan proses plester dinding pada hunian Anda adalah saat musim panas. Cuaca udara yang kering akan membantu lapisan dinding kering semakin cepat.

Dinding yang telah diplester menjadi pilihan yang bagus untuk mempercantik interior atau eksterior rumah Anda.

Jangan pilih warna cat yang sesuai dengan konsep hunian untuk menambah keindahan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com