Pasar Legi Siap Dibuka November 2021, Mampu Menampung 2.000 Pedagang

Kompas.com - 12/06/2021, 19:14 WIB
Renovasi Pasar Legi, kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, dipastikan tuntas dan siap ditempati pedagang, November 2021. Kementerian PUPRRenovasi Pasar Legi, kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, dipastikan tuntas dan siap ditempati pedagang, November 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi Pasar Legi, kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, dipastikan tuntas dan siap ditempati pedagang, November 2021.

Saat ini progres renovasi Pasar Lagi telah mencapai kemajuan 47,53 persen.

Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan hal itu saat kunjungan kerja dan peninjauan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sabtu (12/06/2021).

Puan menjelaskan, salah satu pasar terbesar yang ada di Surakarta ini dapat menampung hampir 2000-an pedagang.

"Kedatangan saya kesini untuk melihat langsung progres pembangunan Pasar Legi pasca-kebakaran yang terjadi dua kali, yaitu tahun 2018 dan 2020," ujar Puan.

Baca juga: Sempat Alami Kebakaran, Pasar Legi Direkonstruksi

Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Iwan Suprijanto menambahkan, pasar yang dibangun dengan konsep green building dan bersertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) Tingkat Pratama ini, memiliki lahan seluas 21.900 meter persegi dan luas bangunan 31.000 meter persegi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasar Legi di Surakarta, drrancang dengan konsep green building.Kementerian PUPR Pasar Legi di Surakarta, drrancang dengan konsep green building.
Bangunan pasar terdiri dari 4 Zona yaitu Blok A, Blok B, Blok C, dan Blok D yang masing-masing setinggi 3 lantai terdiri dari Lantai Semi Basement, Lantai Dasar, serta Lantai Atap.

"Sedangkan penataan di dalam area pasar mencakup 337 unit Kios, 1.932 unit Los, dan 250 unit Plataran," kata Iwan.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Jawa Tengah, Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Sugihardjo mengharapkan, keberadaan Pasar Legi dapat meningkatkan fungsi sarana perdagangan rakyat yang rapi dan bersih serta memiliki nilai estetika dan tidak terlihat kumuh dalam penataannya.

Penerapan konsep green building pada Pasar Legi, akan memberikan ruang sirkulasi udara dan pencahayaan yang lebih baik, sehingga dapat menghemat penggunaan daya listrik bagi para pedagang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X