Jokowi: Tol Semarang-Demak Tingkatkan Konektivitas dan Kendalikan Banjir Rob

Kompas.com - 11/06/2021, 20:20 WIB

AKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Jalan Tol Semarang-Demak memiliki keistimewaan dalam mengendalikan banjir rob, selain meningkatkan konektivitas.

"Tol Semarang-Demak ini multifungsi. Selain untuk meningkatkan konektivitas, juga berfungsi sebagai pengendalian banjir rob," ujar Jokowi dalam siaran pers, Jumat (11/06/2021).

Dengan adanya fungsi kolam retensi, tanggul laut, serta pengembangan area di sekitar tol, diharapkan kawasan tersebut yang sering terendam banjir bisa menjadi kering.

Sehingga, dapat digunakan untuk kawasan industri dan pendukungnya, serta pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Kebut Pengadaan Tanah Tol Semarang-Demak, Pemerintah Bentuk Tim Khusus

Lebih dari itu, jalan tol ini tentunya diharapkan mampu mengurangi kemacetan lalu lintas (lalin) secara signifikan di kawasan Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR( Hedy Rahadian mengatakan, pembiayaan pembangunan tol ini menggunakan skema Kerja sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU).

Jalan tol yang membentang 26,7 kilometer tersebut terbagi menjadi dua seksi yaitu Seksi 1 Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 kilometer merupakan porsi pemerintah dengan kebutuhan biaya Rp 10,56 triliun.

Lalu, Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melalui PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Saat ini, Seksi 1Semarang/Kaligawe-Sayung masih dalam tahap lelang yang direncanakan Maret-Agustus 2021 dan konstruksi dimulai pada Januari 2022.

Tol Semarang-Demak.
Dok. Kementerian PUPR. Tol Semarang-Demak.
Dengan demikian, konstruksi Seksi 1 Semarang/Kaligawe-Sayung Tol Semarang-Demak ditargetkan tuntas November 2024.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.