Kompas.com - 11/06/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi arsitek yang bekerja. ShutterstockIlustrasi arsitek yang bekerja.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) akan menggelar hajatan besar yakni Musyawarah Nasional (Munas) XVI dengan salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum IAI masa bhakti 2021-2024.

Bakal calon ketua umum IAI akan ditetapkan pada 20 Agustus 2021 mendatang yang sudah dikerucutkan menjadi tiga nama.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Munas IAI XVI Don Ara Kian mengungkapkan agenda ini kepada Kompas.com, Jumat (11/06/2021).

"Bakal calon ini kami tetapkan sebagai calon ketua (IAI) itu nanti tanggal 20 Agustus (2021). Jadi, sesuai dengan AD/ART, kami mengerucutkan tiga nama," jelas Don.

Don menjelaskan, saat ini prosesnya masih tahap penjaringan bakal calon sekaligus verifikasi daftar pemilih sementara (DPS) yang dimulai sejak 28 Mei-25 Juli 2021.

Pada tahapan ini, Panlih mengirim formulir usulan bakal calon Ketua Umum IAI beserta daftar anggota profesional yang berhak dipilih kepada pengurus provinsi/wilayah/perwakilan untuk menyampaikan kepada seluruh anggota IAI.

Setelah itu, pengurus provinsi/wilayah/perwakilan akan mengembalikan formulir usulan bakal calon tersebut untuk diverifikasi oleh Panlih.

Baca juga: IAI Usul Hasil Sayembara Ibu Kota Dipamerkan di Gedung Pola

Kemudian, pada 30 Juli 2021, akan ditetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada tahap I.

Tahapan selanjutnya, akan dilakukan verifikasi calon ketua umum IAI yang dilaksanakan di Provinsi Bali pada 15-20 Agustus 2021.

Verifikasi ini dilakukan oleh Majelis Organisasi (MO), Majelis Kehormatan (MK), serta Panlih.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.