Video Viral Waduk di Balikpapan Tiba-tiba Mengering, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 18/05/2021, 09:39 WIB
Ramai Waduk Di Balikpapan Tiba-Tiba Mengering, Diduga Karena Rembes dan Sedang Dalam Penanganan PUPRRamai Waduk Di Balikpapan Tiba-Tiba Mengering, Diduga Karena Rembes dan Sedang Dalam Penanganan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video di media sosial Facebook yang berisi rekaman peristiwa waduk yang tiba-tiba mengering di Kota Balikpapan ramai dibicarakan, Senin (17/5/2021).

Video berdurasi 39,08 menit ini diunggah oleh akun Facebook @Koran Balikpapan dan telah diputar sebanyak 3,4 juta kali dengan 18.000 komentar.

Dalam video tersebut, sejumlah petugas termasuk masyarakat berkumpul melihat fenomena mengeringnya waduk yang diketahui bernama Bendali Telagasasi.

Peristiwa ini jelas membuat resah masyarakat karena dikhawatirkan air yang tiba-tiba hilang ini justru menggenangi rumah-rumah masyarakat di sekitarnya.

Baca juga: 246 Waduk Belum Cukupi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat

Saat dikonfirmasi, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Samarinda Harya Muldianto membenarkan peristiwa mengeringnya waduk Bendali Telagasari tersebut.

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan sementara petugas, diduga terjadi rembesan air waduk ke dasar tanah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Iya, tadi kami sempat diskusi dengan Pemerintah Kota Balikpapan, dengan Kadis PU Balikpapan. Dari hasil info yang kami terima dan melihat fenomena yang terjadi di lapangan, sepertinya ada rembesan dari waduk tersebut," kata Harya kepada Kompas.com, Senin (18/5/2021) malam.

Meski demikian, karena masih bersifat dugaan sementara, Harya mengaku pihaknya masih akan terus melakukan investigasi teknis terhadap penyebab dari kejadian mengeringnya waduk tersebut.

Dinas Pekerjaan Umum akan segera melakukan investigasi teknis terhadap kejadian tersebut untuk mencari solusi terhadap permasalahan rembesan tersebut.

"Jadi dugaan sementara ada rembesan. Detailnya menunggu hasil investigasi teknis dari teman-teman Dinas PU Kota Balikpapan," ucap Harya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X