Periode Larangan Mudik, KAI Layani 81.000 Penumpang Kereta Jarak Jauh

Kompas.com - 17/05/2021, 18:05 WIB
Situasi Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (23/4/2021). KOMPAS.com/IhsanuddinSituasi Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (23/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat selama periode larangan mudik Lebaran 2021 yaitu 6 Mei hingga 17 Mei 2021, telah melayani penumpang sebanyak 81.000 orang untuk kereta api jarak jauh (KAJJ).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan rata-rata KAI melayani 6.000-an penumpang per hari dari berbagai stasiun.

"Jumlah tersebut turun 83 persen dibanding jumlah pelanggan KA Jarak Jauh pada masa pengetatan pra mudik, 22 April-5 Mei, di mana KAI melayani rata-rata 36.000 pelanggan per hari," kata Joni dalam keterangan tertulis, Senin (17/05/2021).

Joni mengatakan, masyarakat yang diberangkatkan menggunakan KAJJ bukan untuk kepentingan mudik, melainkan orang-orang yang dikecualikan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Senin Ini, 2.100 Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Kembali ke Jakarta

Adapun orang-orang yang dikecualikan tersebut adalah orang yang memiliki kepentingan untuk bekerja, perjalanan dinas, mengunjungi keluarga sakit, kunjungan duka dikarenakan anggota keluarga meninggal, perjalanan ibu hamil, dan kepentingan non-mudik lainnya.

"Seluruh pelanggan kami verifikasi berkas-berkasnya terlebih dahulu secara cermat dan teliti. Jika tidak lengkap maka tidak akan kami izinkan untuk berangkat," ujar Joni.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama periode 6 Mei hingga 17 Mei 2021 terdapat total 5.140 calon penumpang yang ditolak berangkat dikarenakan berkas-berkas persyaratannya tidak sesuai.

Rinciannya adalah, 4.323 orang tidak membawa surat izin perjalanan yang sesuai dan 817 orang tidak membawa berkas surat bebas Covid-19 yang berlaku.

"Pada masa peniadaan mudik KAI mengoperasikan 38 KAJJ per hari. Seluruh operasional kereta api berjalan dengan lancar dan pelayanan baik di stasiun maupun kereta api juga berjalan tertib," ujar Joni.

Aturan Naik KAJJ Pasca Peniadaan Mudik

Pada masa pengetatan pasca peniadaan mudik yaitu 18-24 Mei 2021, KAI kembali mengoperasikan KAJJ ke berbagai daerah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X