Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GT Palimanan Dilintasi 17.000 Kendaraan Saat H+2 Lebaran

Kompas.com - 16/05/2021, 21:31 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 17.000 kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Sabtu (15/05/2021).

Sementara untuk total volume kendaraan yang melintas di Tol Cipali pada hari yang sama sebesar 26.000 kendaraan, meningkat dari hari Jumat (14/05/2021) yang hanya 11.000 kendaraan.

"Namun peningkatan volume lalin ini apabila dibandingkan dengan lalu lintas harian normal masih turun sebesar 49 persen," kata General Manager Operation ASTRA Tol Cipali Suyitno dalam keterangan tertulis, Minggu (16/05/2021).

Baca juga: Turun 32 Persen, 386.770 Kendaraan Lintasi Tol Cipali Selama Periode Larangan Mudik

Suyitno menjelaskan pada arus balik kali ini, ASTRA Tol Cipali tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jalan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan dengan mengoptimalkan 5 gardu exit dan 6 gardu entrance.

Adapun optimalisasi gardu di GT Palimanan masih akan terjadi penambahan apabila kondisi lalu lintas pada arus balik dan arus wisata mengalami peningkatan.

ASTRA Tol Cipali juga terus konsisten dalam upaya memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jalan melalui kerjasama bersama Pertamina dalam menyediakan SPBU mini di 8 rest area arah Palimanan dan Jakarta Tol Cipali.

Mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan di Tol Cipali pada arus balik serta demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,

Selain itu memaksimalkan sejumlah armada layanan lalu lintas yang terdiri dari 12 unit mobil Patroli, 5 ambulance, 12 derek, 2 unit mobil rescue dan 6 unit kendaraan PJR yang bersinergi dengan Kepolisian wilayah.

Selanjutnya terdapat pula fasilitas pendukung seperti Variable Message Sign (VMS) dan Spanduk yang tersebar di sepanjang Tol Cipali yang selalu update dalam memberikan informasi kondisi arus lalu lintas terkini di Tol Cipali.

Menjelang ramainya arus balik di Tol Cipali, ASTRA Tol Cipali mengimbau kepada para pengguna jalan untuk berkendara aman dengan mengikuti batas maksimal kecepatan yang telah ditetapkan 100 kilometer per jam, batas kecepatan minimun kendaraan 60 kilometer per jam dan apabila kondisi hujan di Tol batas kecepatan maksimal 70 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com