Minggu Ini, Puncak Arus Balik di Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 16/05/2021, 10:15 WIB
186.536 Kendaraan Lalui JTTS Selama Libur Lebaran, Hutama Karya Prediksi Lonjakan lalu Lintas Terjadi Hari Ini Hutama Karya186.536 Kendaraan Lalui JTTS Selama Libur Lebaran, Hutama Karya Prediksi Lonjakan lalu Lintas Terjadi Hari Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memprediksi lonjakan lalu lintas arus balik libur Lebaran 2021 terjadi hari ini, Minggu (16/05/2021).

"Hutama Karya memprediksi lonjakan lalu lintas akan terjadi pada tanggal (16/05) dimana kegiatan perkantoran akan kembali dimulai esok harinya," kata EVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo dalam keterangan tertulis, Minggu (16/05/2021).

Menurutnya, selama arus mudik Lebaran 2021 ini, Hutama Karya mencatat sejak 12 Mei 2021 hingga 14 Mei 2021 terdapat sebanyak 186.536 kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Baca juga: Ada Penyekatan Arus Balik di Jalan Layang MBZ dan Tol Japek, Catat Lokasinya

Total kendaraan tersebut merupakan akumulasi dari Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, Ruas Palembang–Indralaya, Ruas Medan-Binjai, Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 dan 4.

"Tercatat total sebanyak 186.536 kendaraan yang melalui JTTS pada arus mudik Lebaran 2021 ini," jelasnya.

Tjahjo menerangkan bahwa meski terdapat pelarangan mudik Lebaran 2021, Hutama Karya tetap siaga memberikan pelayanan optimal bagi seluruh pengguna jalan tol yang diperbolehkan melintas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini juga membuat para petugas jalan tol yang tidak dapat mudik merayakan hari lebaran tidak dengan keluarga namun bersama tim cabang tol masing-masing.

Tjahjo menerangkan, kehadiran JTTS dari Lampung hingga Aceh bukan hanya sebagai jalan bebas hambatan yang memangkas waktu tempuh dalam berkendara ke daerah tujuan, tetapi memiliki peranan penting sebagai akses pendistribusian barang-barang untuk berbagai daerah.

"Pada prinsipnya, Hutama Karya mendukung sepenuhnya arahan dari Pemerintah terkait larangan mudik. Namun, Hutama Karya tetap siaga memberikan pelayanan optimal bagi pengguna jalan yang masih diperbolehkan melintas," tutur Tjahjo.

Lebih jauh, Tjahjo menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan pada sistem tertutup, memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X