Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2021, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali mencatat, sebanyak 11.000 kendaraan melintas di Gerbang Tol (GT) Palimanan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada hari kedua Lebaran 2021, Jumat (14/05/2021).

General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno mengatakan, angka ini sama halnya dengan jumlah keseluruhan di Tol Cipali.

"Tercatat total kendaraan yang melintas Jumat (14/05/2021) sebesar 11.000 kendaraan," tutur Suyitno dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/05/2021).

Suyitno mengungkapkan, jumlah itu tersebut turun hingga 65 persen dibandingkan volume lalu lintas (lalin) harian normal.

Meski begitu, Astra Tol Cipali tetap memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jalan yang melintas di GT Palimanan seperti pengoptimalan 6 gardu keluar dan enam gardu masuk.

"Adapun optimalisasi gardu di GT Palimanan masih akan terjadi penambahan apabila kondisi lalin pada arus balik dan arus wisata mengalami peningkatan," lanjut Suyitno.

Astra Tol Cipali juga bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) dalam menyediakan
SPBU mini di 8 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area di arah Palimanan dan Jakarta.

Baca juga: Hari Pertama Lebaran, GT Palimanan Dilintasi Hanya 9.781 Kendaraan

Kemudian, mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan di Tol Cipali pada arus balik serta menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Selain itu, juga dimaksimalkan sejumlah armada layanan lalin yang terdiri dari 12 unit mobil
Patroli, 5 ambulans, 12 derek, 2 unit mobil rescue, dan 6 unit kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR) yang bersinergi dengan kepolisian wilayah.

Fasilitas pendukung juga tersedia seperti Variable Message Sign (VMS) dan spanduk imbauan tersebar di sepanjang Tol Cipali.

Hal ini untuk memberikan informasi seputar arus lalin terkini di Tol Cipali.

Dengan kondisi lalin yang tidak menentu saat pelarangan mudik berlaku, Astra Tol Cipali mengimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati dan selalu tertib berkendara.

Contohnya, mematuhi batas kecepatan maksimal 100 kilometer per jam dan batas kecepatan minum 60 kilometer per jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+