Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2021, 13:03 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ASTRA Tol Cipali mencatat sampai dengan Minggu (09/05/2021) pagi kendaraan yang melintas di Tol Cipali masih merupakan kendaraan-kendaraan logistik yang bergerak ke sejumlah wilayah.

Perusahaan ini mengungkapkan, total lalu lintas kendaraan yang melewati Gerbang Tol (GT) Palimanan Jalan Tol Cipali pada Sabtu (08/05/21) sebanyak 16.000 kendaraan.

Sementara total kendaraan yang melintas di Tol Cipali tercatat 24.000 kendaraan.

General Manager Operation ASTRA Tol Cipali Suyitno mengatakan, arus lalu lintas Tol Cipali pada Minggu (09/05/2021) masih terpantau lengang.

H-5 jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H atau di tengah pelarangan mudik yang kini diberlakukan Pemerintah di sejumlah wilayah, ASTRA Tol Cipali tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal.

Baca juga: Hari Kedua Pelarangan Mudik, 25.000 Kendaraan Lintasi Tol Cipali

Empat gardu exit dan 5 gardu entrance dibuka selama operasional pada hari Minggu ini.

"Optimalisasi gardu di Gerbang Tol Palimanan masih akan menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas terkini di Tol Cipali," ujar Suyitno.

Meskipun demikian, demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, ASTRA Tol Cipali memaksimalkan sejumlah armada layanan lalu lintas yang terdiri dari 12 unit mobil Patroli, 5 ambulance, 12 derek, 2 unit mobil rescue dan 6 unit kendaraan PJR yang bersinergi dengan Kepolisian wilayah.

Fasilitas pendukung seperti Variable Message Sign (VMS), Spanduk himbauan yang tersebar di wilayah Tol Cipali guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan.

Meskipun kondisi lalu lintas di Ruas Tol Cipali terpantau lengang, pengguna jalan tetap
harus memperhatikan keselamatan berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas di Tol
Cipali dengan berkendara maksimal batas kecepatan 100 kilometer per jam dan batas minimal
kecepatan 60 kilometer per jam.

Pada kondisi hujan batas kecepatan maksimal kendaraan 70 kilometer per jam.

Suyitno mengimbau masyarakat untuk memastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang prima. Tidak lupa juga untuk mengecek tekanan angin pada ban sebelum melakukan perjalanan.

Selain itu, pastikan juga saldo uang elektronik anda cukup dalam bertansaksi di Tol Cipali dengan melakukan pengecekan dan pengisian uang elektronik di merchant-merchant yang tersedia di 8 rest area Tol Cipali.

"Dan pastikan selalu gunakan uang elektronik yang sama saat bertansaksi di gardu masuk dan keluar demi kenyamanan bersama," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com