Fokus Tangani Covid-19, Waskita Bantah Ada Kenaikan Gaji Karyawan

Kompas.com - 14/04/2021, 11:00 WIB
PT Waskita Karya (Persero) Tbk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Malinau, Kalimantan Utara, dengan memanfaatkan teknologi Building Information Modelling (BIM). Waskita KaryaPT Waskita Karya (Persero) Tbk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Malinau, Kalimantan Utara, dengan memanfaatkan teknologi Building Information Modelling (BIM).

JAKARTA, KOMPAS.com - Director of HCM & System Devlopment PT Waskita Karya (Persero) Tbk Hadjar Seti Adji menegaskan, tidak ada kenaikan gaji karyawan pada tahun 2020 karena perseroan berfokus pada penanganan Pandemi Covid-19.

“Tidak ada kenaikan gaji komisaris, direksi, dan pegawai pada tahun 2020," ujar Hadjar dalam siaran pers, Rabu (14/04/2021).

Hadjar menjelaskan, perseroan melakukan efisiensi dengan mengurangi fasilitas tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, dan fasilitas lainnya secara signifikan.

Biaya dan fasilitas perjalanan dinas juga dikurangi hingga 52 persen.

Hal ini disebutkan Hadjar untuk meluruskan pemberitaan bahwa biaya pegawai mengalami peningkatan.

Konsekuensi dari komitmen perseroan tersebut adalah meningkatnya beban pegawai pada tahun 2020.

Perseroan mencatat, terjadinya kenaikan biaya pegawai pada tahun lalu sebesar Rp 134 miliar dibandingkan tahun 2019.

Kenaikan biaya pegawai itu berasal dari perawatan kesehatan, beban cadangan dan penyelesaian kerja pegawai kontrak di proyek tol yang sudah selesai, serta talangan dana asuransi pensiun pegawai.

Baca juga: Rugi Rp 7,38 Triliun, Bos Waskita Blak-blakan Ungkap Penyebabnya

"Proses efisiensi ini kami lakukan secara seimbang dengan tetap menjaga hak-hak pegawai dan kelangsungan bisnis Perseroan" tutur Hadjar.

Hadjar menjelaskan, dampak Pandemi Covid-19 tidak hanya berpengaruh signifikan terhadap kinerja Waskita Karya, tapi juga terhadap pegawai Perseroan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X