Brand Besar, Social Proof dan Kekuatan Efek Placebo

Kompas.com - 14/04/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKS/TUMSASEDGARSIlustrasi

SEKELOMPOK anak muda yang sedang bermain basket dengan serunya tiba-tiba dikejutkan oleh kehadiran anak kurus yang juga teman mereka yang sore itu tampil lebih percaya diri.

Posturnya kecil, bertelanjang dada, di pergelangan tangannya tergantung gelang dari silikon yang seolah-olah jimat.

Ia memulai permainan dengan mencium gelang tersebut, begitu juga ketika berhasil menceploskan bola ke dalam ring.

Ketika tiba giliran lawan yang memegang bola, anak kurus ini tidak gentar mengadang lawannya yang satu setengah kali lebih besar.

Beberapa kali ia tampak berhasil memblokir tembakan lawannya yang lebih besar itu. Setelah beberapa saat saling  berbalas serang mereka pun menghentikan permainan dan beristirahat.

Si kurus kecil yang hari itu jadi bintang lapangan pun tampak dipuji teman-temannya. Ia kemudian memamerkan gelang silikon.

Cerita tersebut adalah kisah sukses “gelang ajaib” yang bernama Power Balance yang pernah menjadi tren awal 2000-an.

Gelang ini seolah-olah menjadi jimat kesaktian mereka yang getol berolahraga. Dipercaya bisa memberikan kekuatan dan keseimbangan lebih.

Penjualan pun menunjukkan angka fantastis, jutaan unit dan sempat membawa perusahaan pembuatnya keuntungan sebesar 11,7 juta dollar AS.

Power Balance dijual dengan menunjukkan berbagai video percobaan orang-orang yang mendadak jadi lebih kuat dan lebih seimbang ketika menggunakan gelang ajaib ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X