Kompas.com - 12/04/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat kunjungan ke mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta dan kawasan pinggiran lainnya cenderung menunjukkan kurva meningkat.

Peningkatan terjadi dalam beberapa waktu terakhir atau jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2021, meski secara umum tetap masih berada di bawah 50 persen.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjadja mengatakan hal itu kepada Kompas.com, Senin (12/04/2021).

"Ada peningkatan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan untuk periode Januari-Maret 2021 meski rata-rata tetap masih berada di bawah 50 persen," ujar Alphonzus.

Dia juga memprediksi, tingkat penjualan pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini akan lebih tinggi dari tahun lalu tapi tidak akan terjadi pertumbuhan yang luar biasa.

Baca juga: Meski Masih Pandemi, Jabodetabek Tambah Enam Mal Baru

Khusus tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan yang berlokasi di luar Jakarta menunjukkan kondisi lebih tinggi, meski perbedaannya tidak terlalu mencolok.

Hal tersebut tecermin dari keramaian lalu lintas di kota-kota pinggiran yang sudah diwarnai kemacetan, baik pada jam kerja maupun di luar jam kerja.

Kemacetan terutama terjadi di pintu-pintu masuk dan keluar pusat perbelanjaan.

Hal senada dikatakan Head of Researcher Colliers Indonesia Ferry Salanto, bahwa tingkat kunjungan mal di Jabodetabek masih berada pada kisaran 30-40 persen, lebih baik dibanding tahun lalu yang hanya mencapai sekitar 10 persen.

Belum normalnya tingkat kunjungan merupakan dampak dari kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X