Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT dan Transjakarta Sepakat Bangun Totem di Stasiun Fatmawati dan Cipete

Kompas.com - 09/03/2021, 15:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta menjalin nota kesepahaman kerja sama integrasi dengan PT Transjakarta terkait studi pengembangan layanan transportasi terintegrasi bagi pengguna MRT Jakarta dan Transjakarta, Selasa (09/03/2021).

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar mengatakan pokok bahasan dalam nota kesepahaman ini mengenai studi skema untuk kerjasama konektivitas first mile dan last mile.

Termasuk membangun tempat drop off dan pick up untuk pelanggan MRT Jakarta dalam menggunakan layanan Transjakarta.

Menurut William, nota Kesepahaman ini bertujuan untuk menjajaki studi pengembangan layanan transportasi terintegrasi dalam skema Jaklingko antara MRT Jakarta dan Transjakarta.

Baca juga: Dua Tahun Beroperasi, MRT Jakarta Raup 33 Juta Penumpang

"Ke depannya, kedua moda transportasi ini akan mengoptimalkan aplikasi ponsel dalam melayani masyarakat," kata William dalam keterangan tertulis, Selasa (09/03/2021).

Salah satu implementasi dari kerjasama ini adalah bahwa kedua perusahaan yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, akan menyediakan totem sebagai salah satu spot integrasi moda layanan tranpsortasi ibu kota.

Totem ini terdapat di dua stasiun yaitu Stasiun Fatmawati dan Stasiun Cipete dengan detail sebagai berikut:

1. Totem Fatmawati dengan rute:

- 6R : Ragunan – St. Fatmawati
- 6H : Lebak Bulus – Senen
- 7A : Lebak Bulus – Kampung Rambutan
- D21: Univ. Indonesia – Lebak Bulus
- S12: Royal Trans Bintaro – St. Fatmawati
- S31: Royal Trans BSD – St. Fatmawati

2. Totem Cipete Raya dengan Rute:

- 1E : Blok M – Pondok Labu

MRT Jakarta dan Transjakarta akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan terintegrasi, dan terkoneksi, yang semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses transportasi di Jakarta.

Adapun jangka waktu nota kesepahaman ini direncanakan untuk satu tahun ke depan.

Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyambut baik kerja sama dua BUMD yang bergerak di sektor transportasi ini, khususnya peningkatan kapabilitas dari sisi platform digital.

Transjakarta saat ini telah menerapkan platform digital TIJE yang memberikan layanan pembelian tiket digital, lacak bus secara real time, lacak rute, dan juga wi-fi berkecepatan tinggi, tanpa bayar dan tanpa batas kuota di semua halte Transjakarta.

Selanjutnya, semua layanan transportasi ke depannya diharapkan bisa terintegrasi secara keseluruhan, sehingga memudahkan masyarakat saat berpindah dari satu moda ke moda lain,” sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com