Awal Maret, Anggaran Padat Karya Tunai Terserap Rp 1,39 Triliun

Kompas.com - 09/03/2021, 12:00 WIB
Pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) jalan dan jembatan. Dok. Kementerian PUPR.Pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) jalan dan jembatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggaran Program Padat Karya Tunai (PKT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah terserap 6 persen atau senilai Rp 1,39 triliun per awal Maret 2021.

Dari jumlah itu juga telah menyerap sebanyak 110.544 tenaga kerja

Untuk diketahui, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran PKT Tahun 2021 sebesar Rp 23,24 triliun untuk menyerap 1,23 juta orang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Program PKT Kementerian PUPR dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat atau warga setempat sebagai pelaku pembangunan..

Pelaksanaan PKT dilakukan khususnya untuk infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

Dengan adanya Program PKT ini diharapkan dapat langsung berkontribusi pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pasca-pandemi Covid-19.

"Selain untuk mempercepat PEN dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke pelosok desa," jelas Basuki dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (9/3/2021).

Basuki mengungkapkan, pola pelaksanaan PKT nanti juga harus memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Pekerjaan PKT utamanya meliputi pembangunan infrastruktur kerakyatan yang mendukung produktivitas masyarakat perdesaan.

Baca juga: Padat Karya Tunai Rp 7,465 Triliun Dikucurkan untuk Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

Misalnya, peningkatan irigasi kecil, perbaikan jalan lingkungan, rumah subsidi, penanganan kawasan kumuh, serta peningkatan kualitas air minum dan sanitasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X