Lintasan Balap MotoGP The Mandalika Mulai Diaspal

Kompas.com - 01/03/2021, 10:30 WIB
Lintasan balap untuk event Indonesian Grand Prix atau IndonesianGP di kawasan The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai diaspal, Jumat (26/02/2021). ITDCLintasan balap untuk event Indonesian Grand Prix atau IndonesianGP di kawasan The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai diaspal, Jumat (26/02/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lintasan balap untuk event Indonesian Grand Prix atau IndonesianGP di kawasan The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai diaspal.

Pengaspalan lintasan yang disebut Jalan Kawasan Khusus (JKK) sepanjang 4,31 kilometer itu dilakukan pada Jumat (26/2/2021).

Kegiatan pengaspalan pertama ini menandai semakin dekatnya penyelesaian pembangunan JKK di The Mandalika.

Pengaspalan lapisan pertama (AC-Base) JKK dimulai di lintasan sepanjang 390 meter dan akan dilanjutkan ke panjang lintasan selanjutnya dan ditargetkan rampung pada Maret 2021.

Setelah itu dilanjutkan dengan lapisan kedua (AC-Binder) hingga lapisan terakhir (Surface SMA).

Baca juga: The Mandalika Tergenang, Pengelola Pastikan Operasional Berjalan Normal

Aspal lapisan pertama (AC-Base) ini diproses menggunakan Asphalt Mixing Plant (AMP) yang dibangun PT PP (Persero) Tbk di area site facility untuk proyek JKK.

AMP yang digunakan adalah Lintec seri CSD 3000 berkapasitas maksimal 240 ton per jam, dan saat ini merupakan AMP dengan kapasitas terbesar yang ada di Indonesia.

Sebagai informasi, AMP adalah alat untuk memproduksi aspal yang akan digunakan untuk lapisan aspal dasar hingga akhir, yaitu mulai AC-Base, AC-Binder, hingga Surface SMA.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation ITDC Arie Prasetyo mengatakan, kegiatan pengaspalan lapisan pertama lintasan JKK telah dimulai sesuai jadwal kerja yang telah ditetapkan.

"Target rampung pada bulan Maret, dan akan dilanjutkan dengan pengaspalan lapisan kedua dan terakhir pada tiga bulan selanjutnya. Kami optimistis pembangunan JKK dapat selesai sesuai dengan target dan homologasi dapat dilaksanakan pada pertengahan tahun ini," tutur Arie dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Realisasi Anggaran KSPN Mandalika Capai Rp 447 Miliar

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X