Pemerintah Siap Bantu Waskita Karya Atasi Kesulitan Likuiditas

Kompas.com - 01/02/2021, 13:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengungkapkan rencana divestasi 9 ruas jalan tol merupakan langkah perusahaan (corporate action) PT Waskita Karya (Persero) Tbk untuk memperbaiki kondisi likuiditasnya.

"Sebenarnya bukan full government problem yang masalah divestasi ini. Tapi ini semuanya adalah corporate action," kata Hedy dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan komisi V DPR RI di Gedung DPR Jakarta pada Rabu (27/01/2021).

Hedy menjelaskan karena merupakan langkah perusahaan, pihaknya selaku regulator tidak ingin masuk terlalu dalam mencampuri urusan tersebut.

Namun, Hedy menegaskan, pemerintah akan selalu bersedia membantu dan mencarikan solusi jika Waskita butuh bantuan.

Baca juga: Jasa Marga Ajukan Syarat kepada Roatex Hongaria Soal Transaksi MLFF

"Jadi kami tidak masuk terlalu dalam kecuali kalau Waskita Karya butuh dukungan yang bisa kami lakukan," ujarnya.

Menurut Hedy, PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan melepas kepemilikan saham atau divestasi 9 ruas jalan tol pada tahun ini.

Berikut ke-9 ruas tol tersebut:

1. Ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,70 kilometer (Seksi 1-7) dengan porsi kepemilikan saham PT Waskita Toll Road sebesar 30 persen.

2. Ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143,25 kilometer (Seksi 1- 6) dengan dengan kepemilikan saham PT Waskita Tol Road 30 persen.

3. Ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing 34 kilometer (Seksi 1-4) dengan kepemilikan saham PT Waskita Tol Road 55 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.