Peningkatan Kapasitas Tiga RS Covid Rujukan di Daerah Tuntas

Kompas.com - 22/01/2021, 15:28 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selesaikan pembangunan dan renovasi tiga RS rujukan di Daerah Kementerian PUPRKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selesaikan pembangunan dan renovasi tiga RS rujukan di Daerah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan peningkatan kapasitas tiga gedung rumah sakit ( RS) rujukan di daerah.

Tiga RS rujukan yang telah selesai pembangunannya yaitu RS Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, RS Umum Daerah (RSUD) lr. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan renovasi Gedung Kitawaya Provinsi Sulawesi Utara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah berusaha keras untuk memberikan penanganan terbaik kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Pembangunan gedung fasilitas isolasi atau observant tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan terhadap kebutuhan penanganan masyarakat yang terdampak Covid-19," kata Basuki siaran pers, Jumat (22/01/2021).

Baca juga: Wisma Atlet Masuk Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19

Menurutnya, penyelesaian rumah sakit tersebut sekaligus merupakan bagian dari refocusing kegiatan Kementerian PUPR TA 2020 untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19.

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dalam laporannya mengatakan, semua pekerjaan pembangunan renovasi RS rujukan dilaksanakan dengan metode design and build dengan waktu yang cukup singkat paling lama yakni 45 hari.

"Selain itu, dalam proses pembangunannya juga dilakukan pendamping oleh Perwakilan badan pengawasan keuangan pembangunan (BPKP) masing-masing Provinsi," ujarnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selesaikan pembangunan dan renovasi tiga RS rujukan di daerahKementerian PUPR Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selesaikan pembangunan dan renovasi tiga RS rujukan di daerah
Dia menyebut usai rampung direnovasi, pengoperasian RS rujukan ini diserahkan kepada pihak RS atau Dinas Kesehatan Provinsi setempat.

"Pengoperasian akan dimulai segera setelah alat kesehatan sudah tersedia seluruhnya serta tenaga kesehatan sudah siap dan sudah mendapatkan pelatihan," jelas Dian.

Pelaksanaan peningkatan kapasitas Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh l dilakukan sejak 2 November 2020 dan selesai pada 6 Desember 2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X