Selesai Tahun Ini, Tol Pekanbaru-Bangkinang Pangkas Waktu Tempuh Jadi 45 Menit

Kompas.com - 22/01/2021, 10:32 WIB
Tol Pekanbaru-Bangkinang. Dok. PT Hutama Karya (Persero).Tol Pekanbaru-Bangkinang.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat, progres konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer telah mencapai 56 persen.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan memastikan hal itu dalam siaran persnya, Jumat (22/1/2021).

"Pembangunan konstruksi di Tol Pekanbaru-Bangkinang cukup progresif. Hingga saat ini, progres konstruksinya sudah mencapai 56 persen," jelas Fauzan.

Sedangkan untuk proses pembebasan lahan seperti kegiatan pemberian Uang Ganti Kerugian (UGK) bagi masyarakat terus berjalan dengan metode pembayaran langsung melalui Lembaga Manajemen Aset Negara ( LMAN) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dia pun berharap, pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembangunan tol ini dapat mendukung dengan baik.

Dengan begitu, target yang telah ditentukan perusahaan untuk menyelesaikan konstruksi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2021 ini dapat tercapai.

Menurut Fauzan, progres konstruksi tol secara signifikan ini tak lepas dari PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) untuk terus mengebut pekerjaan.

Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengungkapkan, pembangunan  Tol Pekanbaru-Bangkinang memiliki tantangan tersendiri, salah satunya faktor cuaca.

“Intensitas curah hujan tinggi membuat tim proyek harus melakukan sejumlah pekerjaan untuk menangani tanah yang basah," ujar Aji.

Baca juga: Konstruksi Tol Indralaya-Prabumulih Tembus 25 Persen, Target Tuntas 2022

Misalnya, pembuatan subdrain, memasang pompa di sekitar lokasi, dan pekerjaan perkuatan tanah (soil improvement). 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X