Dipicu Jalan Tol, Harga Rumah di Wilayah Bodetabek Terus Naik

Kompas.com - 21/01/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ( Bodetabek) diprediksi akan mengalami kenaikan investasi pada Tahun 2021 ini.

Peningkatan investasi properti tersebut terjadi umumnya di lokasi yang dekat dengan akses konektivitas menuju Jakarta.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan konektivitas yang dibangun pemerintah saat ini semakin memudahkan akses wilayah satelit Bodetabek menuju ibu kota.

Akses ini menjadi andalan dan daya tarik bagi para pengembang properti untuk menggaet sebanyak mungkin konsumen.

"Konektivitas Bodetabek menuju kawasan DKI Jakarta semakin mudah. Hal itu memperlancar aktivitas antar-kawasan, serta meningkatkan mobilitas masyarakat," kata Marine dalam laporan Indonesia Property Index Outlook 2021, Kamis (21/01/2021).

Baca juga: Tren Pencarian Rumah di Jadebotabek Meningkat, Bekasi Masih Favorit

Infrastruktur tersebut termasuk jalan tol yang tak hanya memudahkan konektivitas ke ibu kota, melainkan antar-wilayah Bodetabek.

Dia mencontohkan Tol Cinere-Serpong yang membuat kawasan Depok terhubung dengan kawasan satelit lainnya yaitu Tangerang Selatan.

Tol Cinere-Serpong yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 juga akan terhubung dengan Tol Serpong-Kunciran-Cengkareng, sehingga akses ke bandara dari Depok dapat ditempuh lebih mudah.

Tol Cinere-Serpong siap dioperasikan secara fungsional jelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Tampak dalam gambar Simpang Susun Pamulang.Jasa Marga Tol Cinere-Serpong siap dioperasikan secara fungsional jelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Tampak dalam gambar Simpang Susun Pamulang.
Sementara dari arah sebaliknya, Cinere juga akan terhubung dengan Bekasi lewat Tol Cinere-Cimanggis-Cibitung-Cilincing-Tanjung Priok.

"Konektivitas ini berdampak langsung pada perkembangan properti di daerah-daerah satelit," imbuh Marine.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X