Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Jalan Akses, Jakarta-Pelabuhan Patimban Hanya 3 Jam

Kompas.com - 07/01/2021, 16:53 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jalan akses menuju Pelabuhan Internasional Patimban sepanjang 8,2 kilometer yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sudah dapat beroperasi.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus Purnomo, kehadiran jalan akses ini untuk menjangkau Pelabuhan Patimban jadi semakin mudah dan lancar.

"Jadi, akses jalan khusus menuju Pelabuhan Internasional Patimban itu sudah siap, sehingga aksesibilitasnya dari exit toll Dawuan Pantai Utara Jawa (Pantura) ini sangat lancar," kata Agus dalam acara public expose Pelabuhan Internasional Patimban di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Baca juga: Pelabuhan Patimban Disebut Bakal Kalahkan Shanghai dan Singapura

Agus menuturkan, saat ini untuk perjalanan dari Jakarta dan Bandung menuju Pelabuhan Patimban diperkirakan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan.

Waktu tempuh lebih singkat ini semakin memudahkan perusahaan industri yang biasa melakukan pengiriman barang ekspor-impor ke berbagai daerah.

Hal ini sekaligus juga dapat menghemat biaya logistik dan meningkatkan jumlah pengiriman produksi industri.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Patimban ini merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mantan Perdana Menteri Jepang periode 2007-2008 Yusuo Fakuda selaku Ketua Asosiasi Jepang-Indonesia pada beberapa waktu lalu.

"Jalan akses ini merupakan wujud nyata dari kerja sama bilateral Indonesia-Jepang dengan skema pinjaman senilai Rp 1,2 triliun,” kata Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Industri di Jawa Barat Bakal Tumbuh Seiring Beroperasinya Pelabuhan Patimban

Jalan akses Pelabuhan Internasional Patimban dibangun dengan tiga jenis struktur, sebagian besar adalah elevated (jalan layang) di atas persawahan dengan tanah lunak.

Ketiga tipe struktur tersebut adalah pile slab sepanjang 5,9 kilometer, flyover sepanjang 1,6 kilometer, dan flexible pavement sepanjang 0,7 kilometer.

Pembangunan jalan akses Pelabuhan Patimban ini dilaksanakan dengan pola Kerja Sama Operasi (KSO) antara Shimizu Corporation dengan PT PP (Persero) Tbk dan PT Bangun Cipta Kontraktor di bawah tanggung jawab Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com