Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri di Jawa Barat Bakal Tumbuh Seiring Beroperasinya Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 07/01/2021, 15:08 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Pelabuhan Internasional Patimban dapat mendorong pertumbuhan investasi kawasan industri di Jawa Barat.

"Patimban dapat mendorong tumbuhnya sektor industri di Jawa Barat. Dan itu akan berdampak positif terhadap terbukanya jutaan kesempatan kerja baru dan kesempatan berusaha bagi nelayan dan UMKM," kata Budi dalam acara public expose Pelabuhan Patimban di Jakarta, Kamis (07/01/2021).

Menurutnya, Pelabuhan Internasional Patimban dapat menjadi akses terutama untuk pengiriman barang perusahaan kawasan industri yang berlokasi di Cikampek, Karawang, dan Purwakarta.

Baca juga: Pelabuhan Patimban Disebut Bakal Kalahkan Shanghai dan Singapura

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Purnomo menambahkan, letak Pelabuhan Patimban berada di kawasan yang strategis.

Karena posisinya di tengah-tengah kota kota besar, yaitu Jakarta, Cirebon, dan Bandung, inilah menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan dananya di wilayah tersebut.

"Jadi lokasi premium ini memberikan kesempatan kepada investor untuk memanfaatkan kelebihan-kelebihannya," kata Agus.

Pelabuhan Internasional Patimban merupakan salah satu proyek strategis nasional dengan nilai investasi Rp 43,2 triliun di area seluas 369 hektar dan lahan cadangan 356 hektar.

Proyek ini dirancang dalam empat tahap pembangunan. Tahap pertama telah rampung dan  beroperasi sejak diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Minggu 20 Desember 2020.

Pembangunan tahap pertama menyedot anggaran Rp 14 triliun dari APBN dan pinjaman Japan International Cooperation Agency atau JICA.

Pada tahap pertama pelabuhan secara fisik meliputi bangunan dengan kapasitas sebesar Pelabuhan Tanjung Priok. Termasuk area terminal, sea wall, jalan akses, jembatan penghubung dan terminal kendaraan.

Adapun obyek fisik yang direncanakan siap operasi, antara lain, terminal peti kemas sepanjang 150 meter, lapangan peti kemas 35 hektar berkapasitas 250.000 kontainer berukuran 20 kaki, dan terminal untuk 218.000 unit kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com