Digugat Pailit, Pengembang Apartemen The Lana Tunda Konstruksi Proyek

Kompas.com - 07/01/2021, 16:07 WIB
Progres Konstruksi The Lana telah mencapai level 2, Kamis (14/8/2019). Apartemen ini dijadwalkan serah terima pada akhir 2020. Dokumentasi Brewin Mesa SuteraProgres Konstruksi The Lana telah mencapai level 2, Kamis (14/8/2019). Apartemen ini dijadwalkan serah terima pada akhir 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang apartemen The Lana PT Brewin Mesa Sutera digugat di Pengadilan Niaga, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan klasifikasi perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang ( PKPU).

Hal ini diketahui dari surat pemberitahuan PT Brewin Mesa Sutera yang diterima oleh para pembeli The Lana dan menjadi viral di media sosial dan grup percakapan whatsapp.

Dalam surat pemberitahuan disebutkan bahwa penjualan The Lana menurun secara signifikan semenjak adanya Pandemi Covid-19.

Padahal hasil dari penjualan unit-unit apartemen ini merupakan sumber pendanaan penting bagi pengembang.

"Terlepas dari upaya-upaya terbaik kami, kami tidak dapat melindungi The Lana dari dampak buruk Pandemi Covid-19 yang belum terjadi sebelumnya," tulis Tim Manajemen The Lana.

Selain itu, dalam surat pemberitahuan tersebut juga dilaporkan, pembiayaan bank sangat terbatas karena pihak perbankan memiliki pandangan pesimistis terhadap industri properti.

Bukan tanpa sebab, pandangan pesimistis ini mengacu pada banyaknya proyek ternama dari para pengembang besar dan mapan yang berada dalam atau telah menjalani restrukturisasi.

Baca juga: Sentul City Gugat Balik Konsumen ke Pengadilan

Meski demikian, pengembang berkomitmen untuk bekerja keras mencari solusi pendanaan dalam penyelesaian proyek tersebut.

Termasuk melakukan identifikasi calon investor dan bekerja sama dengan perusahaan perbankan untuk mencari cara melakukan restrukturisasi dan pendanaan.

"Dengan tidak tersedianya pendanaan untuk saat ini, maka kami harus mengambil keputusan berat untuk menunda proyek ini hingga solusi penda diperoleh," lanjut surat itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X