Hari Ini, Basuki Akan Resmikan Jembatan Luwihaji-Medalem

Kompas.com - 03/01/2021, 07:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Ardiansyah Fadli/Kompas.comMenteri PUPR Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono akan meresmikan Jembatan Luwihaji-Medalem (Lume) yang berlokasi di Kecamatan Kradenan Blora Jawa Tengah, Minggu (03/01/2021).

Jembatan Lume merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Bengawan Solo yang menghubungkan Desa Luwihhaji, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dengan Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

"Acara peresmiannya akan dilakukan besok, Hari Minggu pagi, jam 10.00 pagi di Cepu Jawa Tengah, nanti pak Menteri dikabarkan bakal hadir dan meresmiak," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali Kementerian PUPR Achmad Subki kepada Kompas.com, Sabtu (02/12/2021).

Subki menjelaskan, jembatan ini dibangun dalam waktu yang cukup singkat yaitu selama enam bulan sembilan hari.

Menurutnya kehadiran Jembatan Lume ini dapat menjadi pemicu kemajuan ekonomi dan akses sosial antara Kabupaten Blora dan Kabupaten Bojonegoro.

Selama ini, warga Blora Selatan ketika ingin ke Ngraho dan Ngawi ataupun sebaliknya harus berputar puluhan kilometer melewati Kecamatan Cepu.

Dengan adanya Jembatan Lume imi otomatis dapat memangkas waktu tempuh dari yang biasanya 2-3 jam, saat ini menjadi sekitar 30 menit saja.

Subki menerangkan, di sekitar Jembatan Lume merupakan wilayah yang umumnya miskin dan kesulitan akses air bersih.

Karenanya keberadaan jembatan sangat penting terutama dalam memudahkan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap akses air bersih.

"Jadi susah banget air bersih di sana. Rumah pun sebagian terbuat dari bilik. Meski ada rumah bagus, tapi tidak ada akses air bersihnya kan tetap menjadi sulit. Dan daerah ini tidak diminati investor," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X