Puncak Arus Balik Minggu, Lonjakan Kendaraan Bakal Terjadi di Tol MKTT dan Belmera

Kompas.com - 02/01/2021, 22:30 WIB
Gerbang Tol Tebingtinggi ruas tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (MKTT) diperkirakan akan dilalui 17.500 kendaraan pada puncak arus balik libur Nataru yaitu Minggu (3/1/2021) HandoutGerbang Tol Tebingtinggi ruas tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (MKTT) diperkirakan akan dilalui 17.500 kendaraan pada puncak arus balik libur Nataru yaitu Minggu (3/1/2021)

MEDAN, KOMPAS.com - Gerbang Tol (GT) Tebingtinggi Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (MKTT) diperkirakan akan dilalui 17.500 kendaraan pada puncak arus balik libur Natal dan tahun baru (Nataru) yaitu Minggu (3/1/2021) besok.

Jumlah ini meningkat 82,29 persen dari lalu lintas harian normal sebanyak 9.600 kendaraan.  

Selain itu, GT Amplas Tol Belawan-Medan-Tanjungmorawa (Belmera) yang menjadi akses keluar masuk kendaraan dari dan menuju Kota Medan dan sekitarnya, juga akan terjadi lonjakan 22.200 kendaraan.

Angka ini naik sebesar 29,82 persen dibanding lalu lintas harian normal sebanyak 17.100 kendaraan.

Baca juga: Hindari Balik Hari Minggu, 205.000 Kendaraan Bakal Kembali ke Jakarta

Begitu pula volume lalu lintas yang melintas dari ruas Tol Belmera atau MKTT menuju ke Tol Medan-Binjai, diperkirakan juga akan mengalami peningkatan sebesar 20 persen atau dari 5.125 kendaraan menjadi 6.150 kendaraan.

Untuk mengantisipasi lonjakan ini, Kepala Satuan Tugas Jasa Marga Siaga Wilayah-3 Operasional Nataru 2020 M Tsani Yusron Pribadi dalam keterangan tertulisnya mengatakan, jumlah petugas operasional di gerbang ditambah.

Memaksimalkan operasional gardu di seluruh gerbang, termasuk petugas siaga 24 jam untuk antisipasi arus balik.

Kemudian, menggunaan mobile reader (alat jemput transaksi) jika terjadi antrean panjang, dan menempatkan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Selain itu juga mengoptimalkan papan informasi lalu lintas digital atau VMS untuk informasi situasi lalu lintas secara real time termasuk satu unit VMS mobile yang ditempatkan di armada customer service mobile.

Baca juga: Selamat Tinggal 2020, Ini Lima Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Juga bekerja sama dengan patroli PJR dan juga Ditlantas Polres di sekitar jalan tol untuk kesiapan rekayasa lalu lintas bila terjadi kepadatan yang berdampak pengalihan arus lalu lintas.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk menghindari waktu puncak arus balik yang diprediksi pada Minggu pukul 16.00 sampai 21.00 WIB. Pastikan juga saldo e-toll cukup agar tidak mengakibatkan antrwan di gerbang keluar,” kata Yusron, Sabtu (2/1/2021). 

Dia juga meminta pengguna jalan selalu mematuhi arahan atau himbauan petugas, baik di gerbang, di rest area ataupun di jalur.

Khusus kepada pengunjung rest area di KM 65 A dan B yang akan beristirahat, dihimbau selalu mematuhi protokol Kesehatan. Jika membutuhkan bantuan segera menghubungi call center di 14080.

"Petugas kami siap membantu 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu," pungkas Yusron.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X