Pelindo 1 Lepas Kapal Terakhir 2020, Sambut Kapal Perdana 2021

Kompas.com - 02/01/2021, 22:02 WIB
Komisaris Pelindo 1, Ahmad Perwira Mulia Tarigan menyambut kapal MV Daya Majuterminal A TPK Belawan pada Jumat (1/1/2021) dan memberian apresiasi kepada nahkoda kapal Captain Kaung Khant Zaw Dok: Pelindo 1Komisaris Pelindo 1, Ahmad Perwira Mulia Tarigan menyambut kapal MV Daya Majuterminal A TPK Belawan pada Jumat (1/1/2021) dan memberian apresiasi kepada nahkoda kapal Captain Kaung Khant Zaw

MEDAN, KOMPAS.com - Kapal MV Meratus Medan 5 dengan muatan 654 box atau 868 TEUs tujuan Singapura menjadi kapal terakhir yang lepas sandar dari Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan di terminal A atau terminal internasional pada 2020.

Pelepasan kapal ini dan kapal lainnya mengakhiri capaian positif PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 sepanjang 2020 yang amat menantang, seiring pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian Indonesia mengalami resesi.

General Manager TPK Belawan Indra Pamulihan mengatakan, kapal terakhir ini menandai kepercayaan dan kerja sama yang terus meningkat antara Pelindo 1 dan para mitranya.

Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengguna jasa. 

"Pelindo 1 berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan,” kata Indra dalam keterangan tertulis, usai mengalungkan bunga dan cindera mata kepada nahkoda kapal Meratus Medan 5 Captain Andreas Palalangan, Medan, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Rambah Bisnis E-Logistic, Pelindo Jadi Pionir di BUMN Pelabuhan

Indra menjelaskan, meski pandemi meluluhlantakkan perekonomian, Pelindo 1 tetap mencatat kinerja positif.

Sampai November 2020, Perseroan telah melayani kunjungan kapal dengan total volume angkutan sebesar 145,19 juta Gross Tonnage (GT), meningkat 22,3 persen dibanding November 2019 sebanyak 118,7 juta GT. 

Bongkar muat peti kemas sampai November 2020 mencapai 1,06 juta box, naik 14,3 persen dibanding periode yang sama pada 2019 sebesar 0,93 juta box.

Dalam satuan TEUs, bongkar muat peti kemas mencapai 1,29 juta TEUs, tumbuh 13,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1,14 juta TEUs.

Indra menambahkan, pemberian apresiasi dilakukan secara rutin setiap pergantian tahun di seluruh cabang pelabuhan berupa pelepasan kapal terakhir yang berlayar dan penyambutan kapal perdana yang bersandar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X