Kompas.com - 09/11/2020, 19:29 WIB
Ruas tol yang dibangun sepanjang 13,5 kilometer ini menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Dok.Hutama KaryaRuas tol yang dibangun sepanjang 13,5 kilometer ini menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) secara resmi memberlakukan tarif Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 mulai Kamis (12/11/2020) pukul 00.00 WIB.

Hal ini menyusul telah dikeluarkannya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) Nomor 1525/KPTS/M/2020 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) tanggal 27 Oktober 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Executive Vice President Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang telah beroperasi secara gratis sejak tanggal 26 Agustus 2020.

Baca juga: Tepat Hari Pahlawan Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Bertarif, Jarak Terjauh Rp 118.500

Jalan tol ini akan diterapkan sistem transaksi tertutup,” kata Fauzan dalam keterangan tertulis, Senin (09/11/2020).

Fauzan menjelaskan penerapan tarif pada Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 telah diimbangi dengan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai Peraturan Menteri PU Nomor 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol.

Adapun besaran tarif Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sebagai berikut:

Asal Indrapuri tujuan Blang Bintang:

  • Golongan I Rp 16.000
  • Golongan II dan III Rp 24.000
  • Golongan IV dan V Rp 32.000

Asal Blang Bintang tujuan Indrapuri :

  • Golongan I Rp 16.000
  • Golongan II dan III Rp 24.000
  • Gol IV dan V Rp 32.000

Dengan segera diberlakukannya penetapan tarif tersebut, Fauzan berharap pengendara dan pengguna jalan dapat mematuhi peraturan yang berlaku di jalan tol serta mempersiapkan diri sebelum melintas.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk selalu memastikan saldo Uang Elektronik dalam keadaan cukup sebelum memasuki jalan tol sehingga tidak terjadi penumpukkan kendaraan di Gerbang Tol,” ujar Fauzan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.