Hingga Akhir 2020, Ada Lima Ruas Tol JORR II yang Akan Beroperasi

Kompas.com - 09/11/2020, 18:16 WIB
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung resmi dibuka 10 November 2020. Jasa MargaJalan Tol Cimanggis-Cibitung resmi dibuka 10 November 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan konstruksi 11 ruas tol baru sepanjang 125 kilometer bakal tuntas hingga akhir Desember 2020.

Dari kesebelas jalan tol yang ditargetkan selesai konstruksi, terdapat lima ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang telah dan siap beroperasi pada tahun ini.

Kelima ruas tol tersebut yakni, Tol Depok-Antasari Seksi II (Brigif-Sawangan) Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya), Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Gabus Indah/Cibitung-Telaga Asih), Tol Serpong-Cinere Seksi 1 (SS Serpong-SS Pamulang), serta Tol Cengkareng-Kunciran.

Tol pertama yang sudah beroperasi adalah Tol Depok-Antasari Seksi II (Brigif-Sawangan) pada Jumat (3/7/2020).

Baca juga: 10 November, Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Dibuka Tanpa Tarif

Tol Desari Seksi II sedianya beroperasi pada Juni 2020, menyusul progres konstruksi yang sudah mencapai 100 persen

Untuk diketahui, Tol Desari dirancang dengan total panjang keseluruhan 21,6 kilometer dan terbagi menjadi empat seksi.

Seksi I (Antasari-Brigif) sepanjang 5,80 kilometer yang sudah diresmikan dan beroperasi pada 2018, dan Seksi II (Brigif-Sawangan) sepanjang 6,30 kilometer.

Kemudian, Seksi III (Sawangan-Bojong Gede) sepanjang 9,50 kilometer, dan Seksi IV (Bojong Gede-Salabenda) sejauh 6,4 kilometer.

Kemudian, Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya) siap beroperasi Selasa (10/11/2020).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pengoperasian Seksi 1 tol tersebut tanpa dikenakan tarif alias gratis.

Baca juga: Pemerintah Janjikan Sebelas Jalan Tol Baru Tuntas Akhir 2020

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X