Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pencakar Langit Tertinggi Kedua di Dunia Resmi Dibuka

Seremonial pembukaan Merdeka 118 telah dilakukan oleh Raja Malaysia, Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah pada Rabu (10/01/2024).

Menara canggih setinggi 678,9 meter dengan 118 lantai ini merupakan gedung pencakar langit tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai dengan ketinggian 828 meter.

"Sekarang, berdiri dengan indah di lokasi yang memiliki nilai historis yang signifikan ini adalah sebuah menara dengan ketinggian 678,9 meter dengan puncak menara yang melambangkan proklamasi kemerdekaan oleh almarhum Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj 67 tahun yang lalu," ujar Sultan Abdullah dikutip dari Malay Mail.

"Oleh karena itu, warga Malaysia harus merasa bangga karena Menara Merdeka 118 adalah bukti keberhasilan Malaysia yang berkelanjutan," tukasnya.

Dikutip dari situs Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), Merdeka 118 Tower dimiliki oleh Permodalan Nasional Bhd (PNB) melalui anak perusahaannya yakni PNB Merdeka Ventures Sdn Bhd (PMVSB).

Gedung pencakar langit yang fungsinya mencakup hotel, apartemen, hingga perkantoran ini digagas pada tahun 2010 dan mulai konstruksi pada tahun 2014.

Kontraktor utama proyek Merdeka 118 Tower ialah perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) yakni Samsung C&T Corporation.

Sementara untuk arsitekturnya dikerjakan oleh Fender Katsalidis Architects dan RSP Architects Planners & Engineers.

Dengan peresmian ini, Merdeka 118 Tower hadir sebagai gedung pencakar langit tertinggi kedua di dunia sekaligus pencakar langit paling tinggi di Asia.

https://www.kompas.com/properti/read/2024/01/11/164457621/pencakar-langit-tertinggi-kedua-di-dunia-resmi-dibuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke