Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Swedia Bakal Punya "Kota Kayu", Disebut Terbesar di Dunia

Proyek konstruksi perkotaan dari kayu yang terletak di Sickla, bagian selatan Stockholm, ini dibesut oleh Atrium Ljungberg, pengembang real estat asal Swedia.

Proyek ambisius yang mengusung konsep inovasi berkelanjutan Swedia ini akan berdiri di atas lahan lebih dari 250.000 meter persegi, sehingga merupakan proyek konstruksi kayu terbesar di dunia.

Industri real estat memiliki peran sangat penting dalam agenda transisi hijau, karena bangunan menyumbang sebanyak 40 persen emisi karbondioksida di dunia.

Untuk itu, Stockholm Wood City menandai era baru untuk arsitektur berkelanjutan dan pembangunan perkotaan.

Di mana kawasan perkotaan ini akan memiliki 7.000 ruang kantor dan 2.000 rumah. Menawarkan lingkungan perkotaan yang dinamis dengan perpaduan tempat kerja, perumahan, restoran, dan pertokoan.

"Stockholm Wood City mewujudkan masa depan kami. Dari para penyewa, ada permintaan yang kuat untuk solusi yang inovatif dan berkelanjutan, permintaan yang kami penuhi dengan inisiatif ini," ujarnya.

Kelebihan dari bangunan kayu sangat banyak, baik untuk lingkungan maupun untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Seperti yang ditunjukkan oleh berbagai penelitian, bangunan kayu memberikan kualitas udara yang lebih baik, mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, dan menyimpan karbondioksida selama digunakan.

"Kami ingin menciptakan lingkungan di mana pelanggan kami, mereka yang akan tinggal dan bekerja di sini, dapat berpartisipasi dalam pengembangan dan desain distrik kota di masa depan," tukasnya.

Di negara dengan pasokan dan efisiensi energi menjadi prioritas utama dalam agenda nasional, proyek Stockholm Wood City akan berfokus pada energi yang diproduksi sendiri, disimpan, dan digunakan bersama.

Selain itu, berinvestasi pada metode konstruksi yang hemat sumber daya dan aliran material yang sirkuler.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/09/27/070000821/swedia-bakal-punya-kota-kayu-disebut-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke